Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono mengatakan bahwa Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto dijadikan referensi oleh beberapa pemimpin negara lain ketika melaksanakan kunjungan kerja ke luar negeri, sehingga menjadi harapan besar bagi Indonesia.

“Beliau adalah orang yang dijadikan sebagai referensi dari beberapa pemimpin negara yang beliau kunjungi. Bahkan, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut beliau sebagai suara dari dunia selatan. Saya melihat hal ini sebagai sebuah harapan yang besar bagi Indonesia,” kata Sugiono dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut Sugiono, ketika melawat ke berbagai negara di Eropa pada pekan lalu, para pemimpin negara yang dikunjungi oleh Prabowo acap meminta pandangan dan masukan darinya mengenai perkembangan situasi terakhir di kawasan maupun secara global.

Selain itu, Sugiono juga melihat bahwa para pemimpin negara yang dikunjungi Prabowo, yakni Presiden Perancis, Albania, Serbia, Turki, dan Rusia mengharapkan kerja sama yang berkelanjutan dengan Indonesia di kancah Internasional, serta peran RI dalam menciptakan ketertiban dunia.

“Seperti yang saya lihat dan rasakan bahwa pemimpin-pemimpin negara-negara lain mengharapkan peran dan kehadiran Indonesia di kancah Internasional, baik di bidang ekonomi maupun dalam upaya-upaya mewujudkan perdamaian dunia,” imbuhnya.

Menurut dia, Indonesia patut berbangga dengan era kepimpinan Prabowo mendatang. Ia yakin, Prabowo akan mengupayakan yang terbaik di berbagai sektor, terutama di bidang ekonomi dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, demi kemajuan dan kemaslahatan bangsa

“Indonesia adalah bangsa yang besar dan banyak negara mengharapkan peran besar Indonesia. Harapan internasional tersebut saya kira harus dijawab dengan memperbaiki diri kita, memperkokoh persatuan kita, jangan mudah diadu domba dengan cara menciptakan situasi politik yang stabil dan tenang. Kita tingkatkan kekuatan ekonomi kita dan kita investasi di sumber daya manusia kita,” ujar Sugiono.

Sebelumnya, Prabowo Subianto melaporkan hasil kunjungannya ke luar negeri kepada Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (2/8).

"Ya saya baru tiba kemarin sore, jadi saya hari ini, saya minta waktu laporan ke Presiden, kunjungan saya (ke luar negeri) kemarin," ujar Prabowo saat tiba di Istana Kepresidenan.

Prabowo mengatakan dalam kunjungan ke luar negeri, antara lain menghadiri pembukaan Olimpiade di Paris, Perancis dan bertemu empat mata dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Prabowo juga ke Turki bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, ke Rusia bertemu Presiden Vladimir Putin, ke Serbia bertemu Presiden Serbia Aleksandar Vučić, serta ke Albania.

"Intinya melaporkan (kepada Presiden Jokowi)," kata Prabowo.

Baca juga: Prabowo laporkan hasil kunjungan ke luar negeri kepada Jokowi
Baca juga: Menhan Prabowo dukung niat Rusia buka Konjen di Bali
Baca juga: Prabowo cek pesawat tempur nirawak Turki di Bayraktar Istanbul

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024