Denpasar (ANTARA) - Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Denpasar, Bali, menyusun buku berjudul Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) yang dapat dijadikan sebagai panduan untuk memonitor tumbuh kembang anak.

Ketua IGTKI-PGRI Kota Denpasar Nyoman Puspitawati di Denpasar, Sabtu, mengatakan secara umum buku ini berisi tentang hal-hal berkaitan dengan bagaimana mendeteksi sejak dini tumbuh kembang dan juga kesehatan anak.

"Dalam penyusunannya, kami dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Pokja PAUD dan juga Disdikpora Kota Denpasar serta Penerbit Intan Pariwara," ucap Puspitawati dalam acara peluncuran buku Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) tersebut.

Pihaknya saat ini juga ingin mengembangkan lagi peran IGTKI-PGRI tidak hanya sebatas organisasi semata. Namun lebih dari itu, ingin memberikan dampak positif yang membawa manfaat bagi semua kalangan.

Baca juga: Guru TK diajak wujudkan Indonesia Layak Anak 2030 lewat Porseni

Sementara itu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa mengatakan peluncuran buku tersebut sebagai sebuah inovasi positif dalam dunia pendidikan anak usia dini.

Oleh karenanya, buku ini diharapkan akan dapat memberikan panduan dan juga manfaat bagi guru, orang tua dan juga kalangan umum lainnya.

"Tumbuh kembang anak usia dini merupakan masa emas yang harus betul-betul mendapatkan perhatian khusus. Saya berharap isi buku ini nantinya akan menjadi pedoman untuk monitoring tumbuh kembang kesehatan anak kita," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Penjualan Intan Pariwara, Didik Sugiartoro menyampaikan sebagai penerbit yang telah ada sejak tahun 1978, Intan Pariwara memiliki komitmen untuk terus ikut mencerdaskan anak bangsa, melalui fasilitasi dan kolaborasi dalam penerbitan dan pencetakan buku dalam dunia pendidikan.

"Kami terus berkomitmen dan berupaya agar tetap bisa memberikan sumbangsih besar bagi dunia pendidikan. Termasuk salah satunya melalui penerbitan buku Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak bersama dengan pihak IGTKI-PGRI Kota Denpasar," katanya.

Pihaknya berharap akan ada lagi bentuk kerja sama dan kolaborasi lainnya agar dunia pendidikan semakin dapat mempersiapkan generasi emas di masa mendatang.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar Anak Agung Gede Wiratama, Ketua PGRI Kota Denpasar Ketut Suarya serta pihak terkait lainnya.

Baca juga: Ketua DPD: IGTKI PGRI berkontribusi bangun fondasi karakter anak-anak
Baca juga: IGTKI-PGRI Pekalongan donasikan 1.000 nasi kotak untuk korban banjir

 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024