Mereka akan suplai bus listrik, paling tidak ada lima untuk 17 Agustus, kemudian halte-haltenya. Dan taksi listrik juga dia datangkan 10 ke IKN.
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agung Wicaksono mengatakan perusahaan transportasi Blue Bird Group akan memasok bus dan taksi listrik untuk mendukung penyelenggaraan Upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara.

"Mereka akan suplai bus listrik, paling tidak ada lima untuk 17 Agustus, kemudian halte-haltenya. Dan taksi listrik juga dia datangkan 10 ke IKN," kata Agung saat menjadi salah satu pembicara dalam acara ASNFest 2024, di Kompleks ANTARA Heritage Center (AHC), Jakarta, Sabtu.

Agung menjelaskan bahwa Blue Bird merupakan salah satu perusahaan swasta yang sudah berkomitmen melakukan investasi.

Saat peletakan batu pertama di IKN pada akhir 2023 lalu, perusahaan itu resmi meluncurkan sistem transportasi publik berkelanjutan berbasis listrik melalui investasi sebesar Rp250 miliar.

Investasi tersebut meliputi pengadaan armada bus perkotaan listrik, taksi listrik, kendaraan rental listrik serta charging point dan depo yang secara keseluruhan terintegrasi dengan teknologi cerdas IKN.

Agung menjelaskan bahwa selain transportasi, investasi energi terbarukan juga dilakukan dengan mitra swasta asal Singapura, Sembcorp yang berkomitmen membangun solar panel sebesar 50 megawatt (MW).

"Sekarang sudah jadi 10 MW untuk (Upacara) 17 Agustus-an sudah cukup. Tahun ini target mereka selesaikan 50 MW," kata Agung.

Agung menambahkan OIKN memiliki visi penggunaan energi terbarukan 100 persen pada 2030. Meski wilayah Kalimantan memiliki sumber energi fosil batu bara dan gas, IKN akan menjadi kota yang ramah lingkungan dengan penggunaan energi terbarukan.
Baca juga: Presiden Jokowi luncurkan transportasi publik ramah lingkungan di IKN

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024