Jakarta (ANTARA) -
Penyanyi asal Korea Selatan Bang Yedam mendapatkan pengalaman mempelajari budaya Indonesia saat menyanyikan lagu dangdut Indonesia di Korea Selatan beberapa waktu lalu.
 
“Dangdut itu musik nuansanya tradisional. Jadi, pertama karena tradisional jadi rasanya dengan mempelajari dangdut saya juga ikut mempelajari budayanya,” kata Yedam dalam acara “1st Fan Meeting Be Your D.. Bang Yedam” di Jakarta International Velodrome, Sabtu.
 
Penyanyi berusia 22 tahun itu mengatakan dengan mempelajari budaya dari lagu dangdut, dia mendapatkan pelajaran bagaimana menyampaikan lagu tersebut dengan baik dengan memahami pola dari lagu tersebut.
 
Bang Yedam pun merasa senang karena berkesempatan mempelajari genre baru pada bidang musik dan sekaligus belajar tentang budaya suatu tempat melalui sebuah lagu.

Baca juga: Bang Yedam geluti dunia musik berkat dukungan penggemar
 
Bang Yedam pernah menyanyikan lagu dangdut bersama salah satu penyanyi Indonesia Fildan dalam acara program Dangdut Kpop 2gether di Korea Selatan.
 
Mengenai kolaborasi yang pernah dilakukan, Yedam juga memiliki keinginan untuk kembali melakukan kolaborasi dengan penyanyi lain dan berusaha mendapatkan kesempatan itu pada waktu mendatang.
 
“Saya ingin berkolaborasi dengan banyak orang, dan ke depannya pun saya berusaha di manapun didekati orang-orang itu ke depannya. Ditunggu saja, ya, teman-teman karena saya masih bakal kolaborasi dengan artis-artis lainnya,” Yedam berjanji kepada para penggemarnya.
 
Tahun ini Bang Yedam juga menjanjikan kepada penggemar akan segera mengeluarkan album baru dengan genre RnB yang diharapkan akan menjadi album terbaiknya. Album itu akan menjadi sebuah peningkatan karena mengeksplorasi genre lain dari lagu-lagu yang pernah diciptakan sebelumnya.
 
“Jadi, pada album ini banyak lagu-lagu RnB. Waktu saya bikin album ini saya suka lagu-lagu yang saya buat, jadi, saya rasa ini versi upgrade, versi yang lebih baik lagi dari lagu-lagu saya yang sebelumnya,” kata Yedam.
 
Para penggemar pun menyarankan Yedam untuk mencoba genre hip hop, namun, dia mengaku belum terpikirkan merambah genre tersebut dan mungkin akan melakukannya pada proyek album selanjutnya.
 
Meskipun Yedam sudah membuat beberapa lagu ciptaannya sendiri, bagi dia "Come To Me" adalah yang terbaik karena lirik lagu-lagu pada album itu memiliki arti yang bagus. Dia juga mengaku sangat terbuka dengan lagu lain dan juga ingin para penggemar merekomendasikan lagu agar dia bisa mendengarkan saat waktu senggangnya nanti.
 
“Saya tahu lagu Indonesia banyak yang bagus, jadi, tolong banget kapanpun boleh banget kasih saya rekomendasi dan saya akan mendengarkan semuanya dan coba dinyanyikan ulang,” kata Yedam.

Baca juga: Bang Yedam akui sudah lama ingin kunjungi penggemar di Indonesia 

Baca juga: Yeo Jin-goo sapa penggemar dengan lagu "Hospital Playlist"

Baca juga: B.I ajak penggemar beruntung menari bersama di konser Jakarta

Baca juga: Renjun absen, NCT DREAM pukau penggemar di konser Jakarta

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024