Kota Bogor (ANTARA) - Kebun Raya menyampaikan pesan konservasi dan edukasi budaya lewat konser musik “Sunset di Kebun Phase 2”, yang digelar di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, pada 3-4 Agustus 2024.

General Manager Event PT Mitra Natura Raya (MNR) Abi Irawan di Kota Bogor, Sabtu, menyampaikan dalam "Sunset di Kebun Phase 2" disampaikan pesan-pesan konservasi dan edukasi yang dikemas dalam bentuk konser musik. Di mana konservasi merupakan salah satu fungsi dari Kebun Raya.

Pada Sunset di Kebun Phase 2, terdapat plant heroes atau tanaman yang dikenalkan kepada para penonton yaitu Bucephalandra. Tanaman ini juga dibagikan untuk para musisi yang mengisi acara ini antara lain Raisa, Reality Club, Efek Rumah Kaca, Sal Priadi dan Vikri and My MagicFriend. Kemudian ada Juicy Luicy, Parade Hujan, Feby Putri, Kunto Aji dan Flypay.

“Jadi di phase 2 ini mengangkat tanaman namanya Bucephalandra atau biasa dikenal Buce. Tanaman endemik dari Kalimantan, yang juga sebagai salah satu indikator dari air yang baik,” ujarnya.

Abi menyampaikan, Sunset di Kebun menyajikan pertunjukan dengan perpaduan alam terbuka, musik harmonis, serta keintiman antara musisi dengan penggemar menjadi nilai yang menjadi daya tarik tersendiri.

Sunset di Kebun tidak hanya menyuguhkan keindahan alam Kebun Raya, lanjut dia, tetapi juga menghadirkan beberapa program-program peduli lingkungan. Seperti kelas edukasi, kelas tutur daun, merangkai bunga, merakit, dan program lainnya

“Penonton akan diajak pada suasana lebih dekat dengan musisi favoritnya, nuansa lebih intim akan terasa, penonton lebih santai menikmati alunan musik yang lebih mendalam, bahkan sang musisi pun akan turut berbaur dengan penonton di sejuknya suasana sore hari Kebun Raya,” jelasnya.

Baca juga: BRIN: Kebun Raya Itera dapat jadi model bagi perguruan tinggi lainnya

General Manager Corporate Communication PT MNR Zaenal Arifin mengatakan, target penonton Sunset di Kebun Phase 2 ini mencapai 4.000 hingga 5.000 penonton. Karena area yang digunakan lebih luas dibandingkan Sunset di Kebun sebelumnya.

“Total tiket yang terjual online 3.000 tiket, tapi masih ada yang beli on the spot jadi pasti bertambah di atas 3.000 penonton,” kata Zae.

Baca juga: Pemkot Surabaya catat Kebun Raya Mangrove dikunjungi 43.000 wisatawan
Baca juga: BRIN berikan rekomendasi untuk pembangunan kebun raya di IKN

 

Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024