Jakarta (ANTARA) - CEO Apple Tim Cook memastikan bahwa sistem operasi terbaru mereka tahun ini yaitu iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequia, bakal terintegrasi dengan ChatGPT pada akhir 2024 untuk menyempurnakan kecerdasan artifisial mereka Apple Intelligence.

"ChatGPT akan terintegrasi pada akhir tahun sesuai kalender," kata Tim Cook menjawab pertanyaan analis mengenai masa depan fitur Apple Intelligence saat laporan pendapatan kuartalan seperti dilaporkan Mac Rumors, Jumat (2/8).

Apple telah mengumumkan lewat acara WWDC 2024 bahwa memang benar ChatGPT akan hadir ke beragam gawai mereka. Hal itu semakin dipertegas oleh Tim Cook pada awal Agustus, yang menguatkan fakta bahwa pengembangan kecerdasan artifisial berjalan sesuai dengan peta jalan yang ditetapkan Apple.

Dengan izin pengguna, Siri sang asisten ikonik dari Apple akan dapat menampilkan jawaban dari ChatGPT secara langsung sebagai tanggapan atas pertanyaan dan petunjuk lainnya yang disampaikan oleh pengguna.

Baca juga: Apple dilaporkan bakal kenalkan Apple Intelligence di WWDC 2024

ChatGPT juga akan menjadi opsi untuk fitur alat penulisan sistem Apple, yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan teks dan gambar. Apple mengatakan ChatGPT akan ditenagai oleh model GPT-4O terbaru dari OpenAI di platformnya.

Pengguna iPhone, iPad, dan Mac akan dapat menggunakan ChatGPT secara gratis, tanpa membuat akun, dan pelanggan ChatGPT Plus akan dapat menghubungkan akun mereka untuk mengakses fitur berbayar pada perangkat itu.

Apple mengatakan terkait privasi pengguna, OpenAI dipastikan tidak dapat menyimpan data mereka dan alamat IP pengguna juga turut dikaburkan untuk memastikan layanan cerdas itu semakin aman.

Fitur Apple Intelligence sudah mulai diluncurkan kepada pengembang untuk pengujian di iOS 18.1 beta pada awal pekan ini, tetapi integrasi dengan ChatGPT belum tersedia.

Fitur Apple Intelligence setidaknya bisa bekerja dengan gawai iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max, atau Mac atau iPad yang dilengkapi dengan chip M1 atau yang lebih baru.

Bahasa perangkat saat ini harus diatur ke Bahasa Inggris AS, dukungan bahasa tambahan dipastikan akan hadir lebih banyak pada 2025. Rangkaian lengkap fitur Apple Intelligence diharapkan tersedia oleh Time iOS 18.4 dan dirilis ke publik sekitar Maret 2025.

Fitur-fitur itu akan memungkinkan pengguna untuk merangkum teks, memprioritaskan pemberitahuan dan email, menghasilkan emoji dan gambar khusus, dan banyak lagi.

Teknologi ini juga akan memberi Siri kemampuan yang lebih pintar dengan pemahaman bahasa yang lebih kaya, kontrol aplikasi yang lebih dalam, dan konteks yang dipersonalisasi.

Baca juga: Apple Intelligence hadir di iOS 18.1 beta, kenalkan fitur transkripsi

Baca juga: OpenAI rilis mode suara lanjutan untuk sejumlah pengguna ChatGPT Plus

Baca juga: Ekstensi Spotify akan hadir pada Google Gemini

Baca juga: Microsoft hadirkan fitur AI baru pada mesin pencarian Bing

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024