Jakarta (ANTARA) - Delegasi Pimpinan Badan Pengkajian Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) melakukan kunjungan kerja ke Bucharest, Rumania, pada 30-31 Juli 2024.

Berdasarkan rilis pers dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bucharest, yang diperoleh ANTARA di Jakarta, Sabtu, disebutkan bahwa kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka melakukan pertemuan dengan ketua parlemen dan ketua Mahkamah Konstitusi Rumania.

Delegasi tersebut dipimpin oleh Ketua Badan Pengkajian Djarot Saiful Hidayat dan para wakil ketua, antara lain Benny Kabur Harman, Agun Gunanjar Sudarsa dan Tifatul Sembiring.

Delegasi tersebut melakukan pertemuan dengan Ketua Komisi Konstitusi Parlemen Rumania Mircia Chelaru beserta jajarannya, dan Ketua Mahkamah Konstitusi Rumania Marian Enache, beserta jajarannya.

Sementara itu, Dubes RI di Bucharest Meidyatama Suryodiningrat dan staf juga hadir pada kedua pertemuan tersebut.

Kedua pertemuan dilakukan secara terpisah dan dilaksanakan dalam rangka melakukan studi referensi dan berbagi praktik terbaik.

Pertemuan juga diadakan untuk melakukan pertukaran informasi terkait sistem ketatanegaraan, konstitusi dan pelaksanaan, serta implementasinya dalam sistem hukum negara dan peraturan perundang-undangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara baik di Rumania dan Indonesia.

Kunjungan tersebut diharapkan dapat menjadi masukan, rujukan dan rekomendasi mengenai sistem ketatanegaraan secara holistik dan komprehensif.

Selain itu, kunjungan itu juga diupayakan untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Rumania di masa mendatang.

Baca juga: Dubes RI bahas prioritas kerja sama politik, ekonomi dengan Rumania
Baca juga: Airlangga: Think tank Parlemen Eropa nilai ekonomi RI tumbuh stabil
Baca juga: Parlemen Indonesia-Eropa komitmen jembatani persoalan kelapa sawit

Pewarta: Katriana
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024