Biasanya ada terjadi perbedaan sasaran antara pemerintah pusat dan daerah. Contohnya Kota Jayapura dari pusat mintanya 66.000, sasaran Kota Jayapura sendiri 44.000
Sentani (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menyebut capaian Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dosis I mencapai 55 persen

Sekretaris Dinkes Papua Aaron Rumainum di Sentani, Sabtu, mengatakan upaya untuk memberikan pelayanan vaksin polio masih terus dilakukan pada sembilan kabupaten/kota di wilayah ini.

“Biasanya ada terjadi perbedaan sasaran antara pemerintah pusat dan daerah. Contohnya Kota Jayapura dari pusat mintanya 66.000, sasaran Kota Jayapura sendiri 44.000,” katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi ingatkan warga Papua sukseskan PIN Polio 2024

Menurut Aaron, untuk membuktikan perbedaan sasaran ini maka akan dilakukan peninjauan langsung ke lapangan oleh tim dari Dinkes Papua.

“Dalam peninjauan itu dilakukan wawancara, mengecek di suatu tempat, dan ditanyakan langsung anak ini sudah dilakukan imunisasi polio atau belum, supaya data yang diperoleh tepat,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan perhatian besar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenai PIN Polio maka diharapkan PIN di Papua bisa lebih maksimal.

Baca juga: Pemerintah target 95 persen anak di Manokwari terima vaksin polio 2024

“Dengan kunjungan Pak Presiden pada waktu Hari Anak Nasional (HAN) 23 Juli 2024 di Posyandu Rawajali III Perumahan Graha Nendali diharapkan capaian vaksin di Papua dan Indonesia bisa lebih optimal,” katanya.

Dia menambahkan PIN Polio telah diawali dengan 11 provinsi di Indonesia sejak 2022-2023, enam diantaranya di provinsi di Tanah Papua.

Dia berharap vaksin polio di Papua dapat berjalan sebagaimana mestinya sehingga generasi Papua dapat memiliki kondisi fisik dan kesehatan baik.

Baca juga: Vaksinasi polio 2024 di Kabupaten Teluk Bintuni mencapai 97,9 persen


 
 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024