Jakarta (ANTARA) - Google dikabarkan berpotensi menghadirkan fitur baru "drag-and-drop" di layanan pencariannya Chrome untuk Android.

Fitur "drag-and-drop" memang bukanlah hal yang baru dan merupakan fitur yang kerap digunakan oleh pengguna Chrome namun untuk versi desktop.

Fungsionalitas itu tentu menghemat waktu penggunanya untuk mengirimkan atau mengunggah suatu konten lewat peramban Chrome.

Baca juga: Google perbarui sistem Search untuk cegah penyebaran konten deepfake

Dengan semakin pintarnya gawai-gawai saat ini khususnya dari lini Tablet dan ponsel pintar, maka tak heran apabila sekarang fungsionalitas "drag-and-drop" diperluas ke Google Chrome untuk Android.

Android Authority pada Sabtu mewartakan bahwa "drag-and-drop" Google Chrome untuk Android dapat debut di aplikasi Chrome untuk Android bagi para pengembang aplikasi versi 129.

Setelah diluncurkan, seharusnya pengembang yang mencoba versi ini dapat mencoba untuk memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi lain di dalam peramban Chrome, atau melakukan pemindahan file dari peramban Chrome ke aplikasi lain.

Baca juga: Google hadirkan fitur "School Time" mudahkan orang tua pantau anak

Terlihat dari kode aplikasi Chrome versi 129 yang dibedah, bahwa Google mencantumkan kode "Aktifkan DragDropFiles untuk M129" di Chromium, itulah sebabnya wajar untuk mengharapkan bahwa fitur ini akan segera tersedia untuk pengujian.

Lebih jauh, kode itu juga mengungkap bahwa nantinya fitur "drag-and-drop" diterapkan secara default atau secara otomatis oleh aplikasi tanpa pengguna perlu mengotak-atiknya lewat pengaturan. Tentunya hal itu baik, mengingat mungkin banyak orang yang tidak menyadari kehadiran fungsionalitas ini.

Apabila pengujian di level pengembang berhasil, besar kemungkinan fitur ini akan dihadirkan kepada pengguna secara umum. Namun fitur ini akan diuji lagi terlebih dahulu kepada para penguji beta umum dan baru dirilis secara luas. Maka dari itu masih ada banyak waktu untuk menantikan fitur ini.

Baca juga: Fitur Circle to Search hadir di Chrome

Baca juga: Google hadirkan fitur baru Cross-Device Services di Android

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024