Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa di DKI Jakarta pada Jumat (2/8) yang masih layak dibaca hari ini antara lain DKI melakukan penataan di kawasan Monas untuk mewujudkan tata ruang wilayah hingga Bawaslu sebut DKI rawan isu SARA.

Berikut rangkumannya:

1. DKI segera tata Monas dalam wujudkan rencana tata ruang wilayah

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menata kawasan Monumen Nasional (Monas) dan sekitarnya dalam rangka mewujudkan rencana tata ruang wilayah (RTRW) agar bisa setara dengan kota-kota dunia.

"Mulai dari Istana, Monas, Gambir, Balai Kota, kantor BUMN, kami tata supaya ke depan bisa mengikuti pola pembangunan kota-kota dunia. Jakarta tidak boleh ketinggalan," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi usai meninjau progres revitalisasi Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

2. Bawaslu sebut isu SARA jadi kerawanan tertinggi pada Pilgub DKI

Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta memetakan sejumlah kerawanan pada ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI terutama terkait suku, agama, ras, dan antar golongan atau SARA yang selama ini menjadi perhatian khusus.

"Pengalaman pada masa kampanye sebelumnya di mana pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jakarta sarat dengan materi-materi yang kurang mendidik, serta cenderung memecah persatuan dan kesatuan bangsa," kata Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu DKI Burhanuddin di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

3. DKI perlu sepekan periksa data difabel belum terima bansos di Jaktim

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memerlukan waktu sekitar sepekan untuk memeriksa data difabel di Jakarta Timur (jaktim) karena diduga belum pernah menerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah, baik itu pusat maupun daerah.

"Sangat mudah kok kalau diberikan by name by address. Seminggu selesai (periksa data)," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

Bayi terlantar berusia 6 bulan yang berhasil diselamatkan oleh Dinas Sosial bersama RSPAD Gatot Subroto. ANTARA/HO-Pemprov DKI Jakarta.
4. DKI proyeksikan Pasar Pramuka terkoneksi dengan LRT Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memproyeksikan, Pasar Pramuka nantinya terkoneksi dengan jaringan Lintas Rel Terpadu atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta agar tempat strategis itu makin nyaman diakses warga dan bebas dari kemacetan.

"Saya ingin melihat revitalisasi pasar-pasar di Jakarta antara lain Pasar Pramuka. Nanti konsepnya akan terkoneksi dengan LRT. Direktur Utama Pasar Jaya dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sudah menyampaikan itu," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat berkunjung ke Pasar Pramuka yang sedang direvitalisasi, di Jakarta Timur, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

5. Dinsos berhasil selamatkan seorang bayi enam bulan yang terlantar

Jakarta (ANTARA) - Dinas Sosial DKI Jakarta berhasil menyelamatkan bayi bernama Sayyidatina Khanafi Nuraini, berusia enam bulan, yang ditelantarkan orang tuanya sehingga diketahui mengalami gizi buruk.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Premi Lasari menjelaskan, Jumat, kronologi penyelamatan bayi telantar dilaksanakan pada 14 Juni 2024, setelah menerima laporan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui Puskesmas Kecamatan Kemayoran terkait adanya dugaan bayi telantar.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024