Jakarta (ANTARA) - Pertamina Enduro VR46 Racing Team resmi menjadi tim satelit utama Ducati di MotoGP mulai tahun 2025, dengan kontrak multitahun, dan akan mendapatkan sepeda motor balap Ducati Desmosedici GP24.

"Saya merasa bangga untuk mengumumkan bahwa mulai tahun depan Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan menjadi tim satelit utama Ducati di MotoGP," ujar Direktur Tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team Alessio Salucci, dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Alessio melanjutkan, pencapaian tersebut menjadi langkah positif lantaran diraih hanya dalam waktu tiga tahun setelah tim tersebut sendiri.

Dia pun menambahkan, timnya tidak sabar untuk menguji kemampuan demi mencapai tujuan ambisius mereka.

Nantinya, Alessio menyebut, bukan hanya Ducati Desmosedici GP24 ada di garasi mereka, tetapi juga staf teknis baru dari Ducati.

"Ini sesuatu yang luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang bekerja di Tim, para mitra, khususnya Pertamina Lubricants, Ducati dan Gigi Dall'Igna (bos Ducati Luigi Dall'Igna-red) karena telah mempercayai proyek ini dan berhasil mengembangkannya," tutur dia.

Baca juga: Pertamina Enduro resmi jadi tim utama Ducati di MotoGP mulai 2025 Pertamina Lubricants menjadi sponsor utama dari tim MotoGP VR46 Racing Team mulai tahun 2024 dengan durasi kemitraan selama tiga musim via merek dagang pelumas Pertamina Enduro.

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, sub holding komersial dan perdagangan dari PT Pertamina (Persero).

VR46 Racing Team merupakan tim balap motor milik Valentino Rossi, pemegang tujuh gelar juara dunia MotoGP dan berbasis di Italia.

Pada MotoGP 2024, Pertamina Enduro VR46 Racing Team diperkuat dua pembalap asal Italia yakni Marco Bezzechi dan Fabio Di Giannantonio.

Adapun VR46 Racing Team menjalani debut pada tahun 2014 di Moto3, lalu naik ke Moto2 dan kini mengarungi MotoGP.

Pada tahun 2018, VR46 Racing Team menjadi kampiun Moto2 melalui pembalapnya Francesco Bagnaia dan menjadi tim terbaik di Moto2 2020.

Baca juga: Bezzecchi dan Diggia nantikan MotoGP Inggris di Silverstone

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024