Jakarta (ANTARA) - Organisasi sayap Partai Golkar, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), menegaskan dukungannya kepada Airlangga Hartarto untuk kembali maju sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada musyawarah nasional yang dijadwalkan pada Desember 2024.

Dukungan itu sebelumnya telah disampaikan AMPI pada 16 April 2024, tetapi pada acara puncak peringatan HUT Ke-46 AMPI di Jakarta, Jumat malam, dukungan itu dibakukan dalam acara deklarasi dan penandatanganan pernyataan sikap oleh jajaran pimpinan pusat dan pimpinan daerah AMPI.

"Keputusan Rapimnas II Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia Tahun 2024 tentang pernyataan sikap AMPI menetapkan dukungan kepada Bapak Airlangga Hartarto untuk melanjutkan kepemimpinan Partai Golkar pada Musyawarah Nasional Partai Golkar pada Desember 2024,” kata Sekretaris Jenderal DPP AMPI Ahmad Andi Bahri saat membacakan hasil Rapimnas yang merupakan rangkaian HUT Ke-46 AMPI.

Dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II AMPI Tahun 2024 yang digelar pada Jumat pagi, organisasi itu juga menegaskan dukungannya kepada bakal calon kepala daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang didukung Partai Golkar.

Baca juga: AMPI deklarasikan dukungan untuk Airlangga Hartarto 

Di lokasi yang sama, Ketua Umum DPP AMPI Jerry Sambuaga menyatakan organisasinya tegak lurus mendukung Airlangga Hartarto.

"Kami AMPI tegak lurus, lurus tegak, dan juga tentunya bersama seluruh, tidak hanya pengurus, tetapi juga simpatisan, kader-kader AMPI seluruh Indonesia bahkan di luar negeri, 14 DPLN kami miliki dari Turki sampai Malaysia, kami bertekad bulat mendeklarasikan, mengawal, dan tentunya sama-sama bersatu padu menguatkan Bapak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Munas Desember 2024," kata Jerry.

Pada acara itu, selepas pernyataan sikap AMPI, Ketua Umum DPP Partai Golkar sekaligus Ketua Dewan Pembina DPP AMPI Airlangga Hartarto menyambut baik dukungan tersebut.

"Saya mengapresiasi dukungan dari seluruh DPD AMPI se-Indonesia, tadi ditandatangani secara digital, dan hadir secara fisik, dan ini mandat yang akan saya pegang menuju munas pada bulan Desember nanti,” kata Airlangga.

Ia melanjutkan di bawah kepemimpinannya, Partai Golkar berhasil meningkatkan perolehan kursi di DPR RI dan juga ikut memenangkan pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

"Posisi kita 18 persen di parlemen. Ini harus menjadi modal kita pada pilkada (pemilihan kepala daerah) nanti," kata Airlangga.

Baca juga: AMPI berikan piagam Kesatria Aswattha Jaya kepada Airlangga Hartarto
Baca juga: AMPI gelar puncak HUT ke-46 di IKN untuk dukung pembangunan nasional

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024