Jakarta (ANTARA) - Daun kelor, yang dikenal sebagai "the miracle tree," kaya akan antioksidan, antijamur, dan antimikroba.

Antioksidan dalam daun kelor bermanfaat bagi kulit karena dapat mencegah atau memperlambat penuaan dan kerusakan sel.

Selain itu, daun kelor juga dikenal baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan dan memiliki banyak manfaat bagi perawatan wajah.

Kandungan antioksidan dalam daun kelor cukup tinggi, yaitu 113 mg per 100 gram daun kering, sehingga sangat baik untuk memaksimalkan kecantikan.

Daun kelor memiliki beberapa manfaat untuk wajah, seperti mencegah penuaan dini dan mengobati jerawat.

Minyak alami yang diekstrak dari daun kelor mengandung asam linoleat yang bisa membantu mengatasi jerawat secara alami.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari daun kelor untuk kesehatan kulit wajah Anda juga bisa mengolahnya menjadi masker organik kering.

Membuat masker organik dari daun kelor sangatlah mudah, dan Anda hanya memerlukan daun kelor sebagai bahan utama tanpa tambahan bahan kimia atau pengawet. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuatnya:
  • Pengeringan Daun:
Langkah pertama adalah mengeringkan daun kelor. Pengeringan ini penting untuk menghilangkan kandungan air dalam daun. Pastikan daun dijemur dengan benar, sebaiknya tidak di bawah sinar matahari langsung agar nutrisi tetap terjaga. Pastikan daun kelor benar-benar kering sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Penggilingan:
Setelah daun kelor kering, tumbuk hingga halus. Proses ini bertujuan untuk mendapatkan tekstur yang sesuai untuk masker sehingga nyaman saat digunakan di wajah.
  • Penyaringan:
Setelah ditumbuk, saring serbuk daun kelor menggunakan ayakan. Langkah ini untuk memastikan bahwa serbuk yang dihasilkan halus dan bebas dari butiran kasar.
  • Penggunaan:
Masker organik dari daun kelor siap digunakan. Cukup oleskan pada wajah dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Masker daun kelor ini benar-benar terbuat dari bahan alami sehingga tidak memiliki efek samping yang buruk.

Namun, meskipun hanya menggunakan satu bahan, penting untuk memastikan kebersihan dalam proses pembuatannya agar masker tetap aman dan efektif untuk digunakan pada kulit wajah.

Masker ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin merawat kulit tanpa bahan kimia dan menjaga kealamian produk perawatan yang digunakan.

Baca juga: Kandungan daun kelor yang kaya nutrisi

Baca juga: Cara membuat teh daun kelor di rumah

Baca juga: Kenali manfaat daun kelor bagi kesehatan

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024