Pemerintah menaruh perhatian serius kepada pedagang pasar yang merupakan penunjang ekonomi kerakyatan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan bahwa program revitalisasi pasar rakyat akan terus dilakukan pemerintah guna menunjang perekonomian rakyat.

Zulkifli saat berdialog dengan pedagang pasar di Lampung Selatan pada Jumat mengatakan, para pedagang pasar memiliki kontribusi besar dalam menunjang perekonomian rakyat di berbagai daerah di Indonesia. Dengan membangun pasar rakyat, perekonomian rakyat akan semakin maju dan berkembang.

"Pemerintah menaruh perhatian serius kepada pedagang pasar yang merupakan penunjang ekonomi kerakyatan. Untuk itu, Kemendag berusaha semampunya untuk membangun fasilitas pasar di berbagai tempat," ujar Zulkifli melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Zulkifli menegaskan, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya melindungi eksistensi dan mendorong peningkatan daya saing pasar rakyat dengan revitalisasi pasar rakyat.

Revitalisasi ini dijalankan baik secara fisik maupun nonfisik. Sepanjang 2015-2023, Kemendag telah membangun dan membenahi 5.708 pasar secara fisik.

Pembenahan fisik terus dilakukan agar pasar rakyat menjadi tempat aman dan nyaman bagi pedagang untuk meningkatkan pendapatan; mendukung kelancaran logistik dan distribusi barang kebutuhan pokok; serta mendukung tempat pemasaran produk unggulan dan usaha mikro, kecil, dan menengah di daerah.

Dalam dialog tersebut, Zulkifli juga memotivasi pedagang pasar agar terus belajar dan berkembang mengikuti perubahan. Ia mendorong pedagang agar memiliki keinginan untuk memperbarui kemampuan.

"Pedagang harus terus memperbarui kemampuan, pedagang bisa berjualan di pasar luring maupun daring secara daring, pedagang bisa berjualan di loka pasar dan mengikuti pelatihan terus berkembang. Pedagang di Lampung Selatan dapat diikutsertakan pada pameran internasional di Jakarta yang mengundang pembeli dari berbagai negara, dengan begitu, pedagang bisa ekspor dan naik kelas," kata Zulkifli.

Baca juga: Menteri PUPR tinjau revitalisasi Pasar Induk Banyuwangi
Baca juga: Kemenparekraf: Revitalisasi Pasar Baru dapat mendongkrak perekonomian
Baca juga: Revitalisasi tujuh pasar tradisional di Kudus dikerjakan mulai Juli

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024