lewat Kongres Luar Biasa ini seluruh psikologi di Indonesia dapat menyatukan persepsi
Tangerang (ANTARA) - Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) menggelar kongres luar biasa tahun 2024 untuk merancang Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/RT) dan kode etik yang mengacu UU Pendidikan dan Layanan Psikologi nomor 23 tahun 2022.

Ketua Umum Pengurus Pusat HIMPSI dr. Andik Matulessy di Tangerang Jumat mengatakan UU ini merupakan sejarah besar di Indonesia karena untuk pertama kalinya psikologi sebagai profesi di Indonesia mendapat pengakuan dari negara.

"Sehingga, lewat Kongres Luar Biasa ini seluruh psikologi di Indonesia dapat menyatukan persepsi untuk mengembangkan dunia psikologi di Indonesia yang lebih luas lagi. Dimana perlindungan mereka sebagai pelaku psikologi sudah diatur, begitu juga masyarakat bisa mendapatkan layanan psikologi yang berstandar," kata dr. Andik di sela acara Kongres Luar Biasa di Kota Tangerang.

Ketua Panitia Kongres Luar Biasa HIMPSI 2024 Mohamad Abdilah Nuradhi menjelaskan dalam kegiatan ini sekitar 131 psikologi dari berbagai daerah di Indonesia terlibat dengan rangkaian kegiatan seminar pengetahuan psikologi, festival karya cipta psikologi Indonesia, konseling gratis hingga bimbingan perpanjangan surat izin praktik pada psikologi.

"Lewat Kongres Luar Biasa ini, diharapkan layanan psikologi di Indonesia akan semakin berstandar dengan adanya UU. Tak terkecuali, masyarakat sebagai pengguna layanan psikologi mendapatkan perlindungan, begitu juga psikolog yang memberikan pelayanan," kata dia.

Baca juga: Mensos: Pekerjaan sosial memerlukan profesi psikolog
Baca juga: Komisi X DPR: Dibutuhkan UU untuk jamin pemenuhan kebutuhan psikologi


Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin menyoroti tentang pentingnya peran psikologi dalam konteks perkembangan dan pelayanan kepada masyarakat yang terus berkembang. "Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam perkembangan psikologi di Indonesia," katanya.

Dr. Nurdin juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kota Tangerang sebagai lokasi penyelenggaraan Kongres Luar Biasa Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) 2024.

"Kami berharap bapak-ibu, dapat menikmati destinasi ini, kalau bisa tambah waktu untuk menjelajahi Kota Tangerang. Kota kami memiliki berbagai sejarah panjang dan kaya, serta berbagai daya tarik seperti makanan khas, tempat museum, dan juga menjadi satu-satunya kota yang memiliki sungai di tengah-tengah kota yaitu Sungai Cisadane," ujarnya.

Baca juga: Mendikbud: Perlu payung hukum lindungi psikolog
Baca juga: Mensos Risma: Profesi psikologi dukung keberdayaan sosial
Baca juga: DKI siagakan psikolog di 25 Puskesmas untuk tangani pasien depresi

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024