Karena kebutuhan utamanya restoran dan kamar, itu sudah 98 persen ready
Penajam Paser Utara (ANTARA) - Pengelola Swissotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, telah merampungkan 98 persen persiapan menyambut tamu penting negara dalam perhelatan HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Hal itu disampaikan General Manager Swissotel Nusantara Aldo P Situmorang yang dijumpai ANTARA di lobi Hotel Nusantara, Penajam Paser Utara, Jumat.

"Karena kebutuhan utamanya restoran dan kamar, itu sudah 98 persen ready," katanya.

Pihaknya menyediakan total 191 kamar pada bangunan hotel setinggi sembilan lantai yang terletak di lokasi strategis di Jalan Sumbu Timur IKN. Lokasi itu berdekatan dengan Gedung Istana Garuda serta kawasan Titik Nol Kilometer IKN yang menjadi perlintasan Kereta Otonom.
Suasana di salah satu ruang kamar Swissotel Nusantara IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (2/8/2024). (ANTARA/Andi Firdaus)

Pembangunan konstruksi hotel yang dimulai sejak peletakan batu pertama September 2023, kata Aldo, memfasilitasi empat kelas kamar, mulai dari tipe premier king, twin, grand room, suite king dan presidential suite dengan luas ruangan mulai dari 32 sampai 51 meter persegi.

Dikatakan Aldo, seluruh unit kamar berikut fasilitas konsorsium sudah semuanya dipesan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) untuk kebutuhan penginapan tamu VVIP dan VIP selama di IKN pada 16 hingga 18 Agustus 2024.

"Semuanya dibooking dari Sekretariat Negara, hampir rata-rata tamunya pejabat negara," katanya.

Aldo mengatakan, kebutuhan perabot hingga perlengkapan hotel dibuat melalui karya anak bangsa dan telah seluruhnya didatangkan dari Jakarta.

Pada bagian restoran, pihak pengelola telah merampungkan fasilitas berkonsep open kitchen dan privat dinner dengan nuansa budaya lokal Kalimantan.
Suasana lobi dan restoran Swissotel Nusantara IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (2/8/2024). (ANTARA/Andi Firdaus)


Untuk memenuhi kebutuhan dasar berupa listrik dan air, Aldo mengatakan sudah sudah terdistribusi dengan lancar dan baik melalui layanan PLN dan otoritas pengelola air di kawasan setempat.

"Kemudian listrik, kita cuma hanya maksimalkan kestabilan listrik sampai pada hari H kondisi listrik sudah stabil. Ada satu yang disiapkan PLN 500KV yang sudah terkoneksi dengan hotel," katanya.

Selain listrik, pihak hotel juga menyediakan jaringan internet lewat kerja sama dengan PT Telkom dan PLN, sehingga jaringan internet telah berjalan lancar.

Swissotel Nusantara juga akan memasang ikon spesial yang dinamakan Swiss Circle yang terinspirasi dari ikon-ikon di Nusantara dan akan ditempatkan di area lobi.

"Ada satu yang spesial dari salah satu ikon untuk mereka yang datang ke sini akan mengetahui. Kami sebut ini surprise element. Saya tidak bisa sebut sekarang, tapi namanya juga surprise, ini ada dalam salah satu ikon element yang ada di dalam Swissotel," katanya.

Baca juga: PUPR: Air minum sudah masuk Istana Negara hingga Hotel Nusantara IKN
Baca juga: Kementerian PUPR: Hotel Nusantara siap dukung HUT RI di IKN

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024