ini bagian dari upaya refleksi perjuangan para pahlawan
Subang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Subang, Jawa Barat, menyiapkan Bendera Merah Putih gratis yang dibagikan kepada masyarakat melalui Gerakan Sepuluh Juta Bendera pada momentum HUT Kemerdekaan RI.

"Pelaksanaan gerakan sepuluh juta bendera ini bagian dari upaya refleksi perjuangan para pahlawan, bagaimana kita memaknai tentang hari sakral perjuangan bangsa kita," kata Sekda Subang Asep Nuroni, di Subang, Jumat.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya kolaboratif dengan melibatkan semua masyarakat Subang, demi meningkatkan nilai nasionalisme, khususnya pada momentum 17 Agustus 2024.

"Kami ingin gebyar HUT Kemerdekaan RI harus terus digelorakan. Kegiatan ini juga sebagai bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk bangsa dan negara," katanya.

Disebutkan, Agustus merupakan bulan kemerdekaan. Sehingga seharusnya dari tanggal 1-31 Agustus harus berkibar Bendera Merah Putih di setiap halaman kantor instansi pemerintah, perusahaan, dan di depan pemukiman masyarakat.

Baca juga: Sambut HUT RI, Bendera Merah Putih raksasa berkibar di ikon Langsa
Baca juga: Pj Bupati Bogor kibarkan bendera merah putih di Gunung Salak


Menurut dia, kegiatan bagi-bagi Bendera Merah Putih ini adalah bagian dari upaya melahirkan pemahaman kolektif akan pentingnya nasionalisme.

"Kegiatannya akan digulirkan di Alun Alun Subang pada 10 Agustus 2024 nanti," katanya.

Ia berharap seluruh kalangan masyarakat termasuk pihak swasta atau perusahaan mendukung sepenuhnya Gerakan Sepuluh Juta Bendera pada momentum HUT Kemerdekaan RI di Subang.

Diharapkan pula agar seluruh perusahaan yang ada di Subang merespon baik dan turut berkolaborasi demi terwujudnya gerakan sepuluh juta bendera di Subang.

"Dalam gerakan ini kami juga meminta dukungan kepada perusahaan, agar bisa berpartisipasi memberi dukungan dalam bentuk pemberian bendera," katanya. 

Baca juga: Ukuran Bendera Merah Putih dan harganya
Baca juga: TNI bagikan bendera Merah Putih di batas RI-Malaysia jelang HUT RI
Baca juga: Bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter dibentangkan di Tungkuwiri

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024