Ini adalah langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan nasabah di era digital yang terus berkembang,
Jakarta (ANTARA) - PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), bagian dari holding BUMN Danareksa berpartisipasi dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital dan Karya Kreatif Indonesia (FEKDI x KKI) 2024 untuk mendorong transformasi digital dalam sistem pembayaran.


Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji menegaskan bahwa keikutsertaan Jalin dalam FEKDI 2024 mencerminkan komitmen kuat perusahaan sebagai penyedia infrastruktur ekosistem pembayaran digital yang terintegrasi.

Dalam kesempatan tersebut, Jalin tidak hanya memamerkan berbagai inovasi terkini dalam sistem pembayaran digital tetapi juga melakukan tanda tangan kerja sama strategis dengan beberapa member, termasuk Bank Mandiri Taspen dan Nobu Bank.

“Kerja sama strategis yang kami jalin dengan Bank Mandiri Taspen dan Nobu Bank, serta member lainnya pada ajang FEKDI tahun ini, menunjukkan bagaimana layanan kami dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan industri," kata Ario dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Pihaknya yakin bahwa inovasi dan kolaborasi ini akan memperkuat posisi Jalin sebagai tulang punggung infrastruktur ekosistem sistem pembayaran digital Indonesia, mendukung visi Bank Indonesia dalam membangun masa depan ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan.

Sebagai Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP), Ario mengatakan, Jalin berperan penting untuk menghubungkan masyarakat ke dalam ekosistem finansial serta non-finansial demi mewujudkan jaringan sistem pembayaran yang efisien, aman, dan inklusif.

Direktur Finance, Risk & Operations Bank Mandiri Taspen, Putu Apriyanto menyatakan antusias terhadap kerja sama dengan Jalin dalam penyediaan layanan Cardless Cash Withdrawal (CCW) dan integrasi switching mobile banking.

Ia menilai kolaborasi tersebut akan memberikan kemudahan bagi nasabah Bank Mandiri Taspen.

Memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu fisik dan menikmati interkoneksi serta interoperabilitas yang lebih luas melalui aplikasi mobile banking.

“Ini adalah langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan nasabah di era digital yang terus berkembang,” kata Putu.

Sementara, Chief Operating Officer Nobu Bank, Steve Marciano Joe menambahkan bahwa kerja sama Nobu Bank dengan Jalin dalam penyediaan mesin Cash Deposit Machine (CDM) memainkan peran strategis dalam pengelolaan manajemen uang tunai (cash management) di ekosistem yang dilayani Nobu Bank.

“Dengan layanan CDM yang disediakan oleh Jalin, Nobu Bank dapat mendukung para merchant nasabah kami untuk melakukan setoran tunai dengan lebih cepat sehingga meningkatkan efisiensi perputaran uang mereka, dan memperkuat citra layanan kami di era digital,” ungkapnya.

Sebagai informasi, FEKDI x KKI 2024 diselenggarakan pada 1-4 Agustus 2024 oleh Bank Indonesia (BI) bersinergi bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta Convention Center (JCC).

FEKDI menjadi ajang yang menampilkan produk dan inovasi terbaru serta implementasi kebijakan dalam pengembangan ekosistem ekonomi keuangan digital.

Didukung oleh Kementerian, Lembaga, Asosiasi, dan Industri, acara ini sekaligus memperkuat kolaborasi lintas sektor untuk mewujudkan ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Pada FEKDI x KKI 2024, juga diluncurkan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2030 melanjutkan keberhasilan BSPI 2025.

Lebih lanjut, Ario menjelaskan, kehadiran Jalin di FEKDI 2024 menjadi momentum penting untuk memperkenalkan berbagai inisiatif produk dan layanan baru yang dirancang guna mendukung kebutuhan serta perkembangan industri perbankan dan fintech.

“Produk-produk ekonomi keuangan digital baru seperti QRIS Tap berbasis NFC, Rewards by Jalin, Payment Integrator, dan Eazy by Jalin dihadirkan sebagai solusi inovatif untuk memperluas akses layanan digital yang lebih efisien dan terintegrasi,”

Jalin juga tengah berfokus pada perluasan layanan kepada member baru yang bergabung dalam jaringan link, serta peningkatan layanan bagi member yang sudah ada dengan tujuan memperkuat kolaborasi dan memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi seluruh ekosistem pembayaran digital di Indonesia.
 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024