Jakarta (ANTARA) - Kereta Rel Listrik atau disingkat KRL rute Jabodetabek, yang juga dikenal sebagai Commuter Line, merupakan salah satu moda transportasi utama yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

KRL Jabodetabek dikelola oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan telah menjadi solusi transportasi yang efisien bagi jutaan penumpang setiap harinya.

Artikel ini akan mengulas apa saja rute KRL Jabodetabek dan tarif yang dikenakan untuk setiap perjalanannya.

1. Rute Bogor line
  • Rute: Stasiun Bogor - Stasiun Jakarta Kota (Tarif Rp 6.000)
  • Stasiun Utama: Bogor, Cilebut, Bojong Gede, Citayam, Depok, Depok Baru, Universitas Indonesia, Pondok Cina, Lenteng Agung, Pasar Minggu, Manggarai, Gondangdia, Juanda, Jakarta Kota.
(Tarif untuk 1-25 km pertama adalah Rp 3.000. Lalu, setiap kilometer setelah 25 km pertama akan dikenakan tambahan Rp 1.000 per 10 km. Maksimal Rp 6.000)

2. Rute Cikarang line
  • Rute: Stasiun Cikarang - Stasiun Manggarai (Tarif Rp 4.000)
  • Stasiun Utama: Tambun, Cibitung, Bekasi, Kranji, Cakung, Klender, Jatinegara, Manggarai.
(Tarif untuk 1-25 km pertama adalah Rp 3.000. Tarif maksimal Rp 4.000)

3. Rute Rangkasbitung line
  • Rute: Stasiun Rangkasbitung - Stasiun Tanah Abang (Tarif Rp 8.000)
  • Stasiun Utama: Rangkasbitung, Citeras, Maja, Tigaraksa, Tenjo, Parung Panjang, Serpong, Pondok Ranji, Kebayoran, Palmerah, Tanah Abang.
(Tarif untuk 1-25 km pertama adalah Rp 3.000. Lalu, setiap kilometer setelah 25 km pertama akan dikenakan tambahan Rp 1.000 per 10 km. Maksimal Rp 8.000)

4. Rute Tangerang line
  • Rute: Stasiun Tangerang - Stasiun Duri (Tarif Rp 3.000)
  • Stasiun Utama: Tangerang, Tanah Tinggi, Batu Ceper, Poris, Kali Deres, Bojong Indah, Taman Kota, Grogol, Duri.
(Tarif rata Rp 3.000)

5. Rute Tanjung Priok line
  • Rute: Stasiun Tanjung Priok - Stasiun Jakarta Kota (Tarif Rp 3.000)
  • Stasiun Utama: Tanjung Priok, Kampung Bandan, Jakarta Kota.
(Tarif rata Rp 3.000)

Cara pembayaran

Pembayaran tarif KRL Jabodetabek dapat dilakukan dengan menggunakan kartu elektronik seperti Kartu Multi Trip (KMT) yang dikeluarkan oleh PT KCI, maupun kartu uang elektronik dari berbagai bank seperti e-money Mandiri, Flazz BCA, Brizzi BRI, dan TapCash BNI.

Selain itu, penumpang juga dapat menggunakan aplikasi mobile yang mendukung pembayaran digital untuk melakukan transaksi.

KRL Jabodetabek menjadi pilihan transportasi yang nyaman, cepat dan ekonomis bagi warga Jabodetabek. Dengan rute yang terintegrasi dan tarif yang terjangkau, KRL Jabodetabek mampu mengakomodasi mobilitas harian masyarakat dengan efektif.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan rute terbaru, Anda dapat mengunjungi situs resmi KAI Commuter (https://commuterline.id/) atau aplikasi KRL Acces.

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024