Jakarta (ANTARA) - Produksi Film Negara (PFN) dan Otoritas Ibukota Nusantara (OIKN) menggelar acara puncak Awarding Day Nusantara Short Film Festival 2024 untuk mempromosikan dan mengapresiasi karya sinematik dari para sineas Indonesia pada Kamis (1/8), di CGV Balikpapan Plaza.

“Selain Nusantara Short Film Festival ini sebagai instrumen untuk menyalurkan bakat kreativitas para sineas muda khususnya di kawasan IKN dan sekitarnya juga sebagai media promosi untuk memperkenalkan IKN secara luas kepada masyarakat Indonesia. Otorita IKN akan melanjutkan tradisi festival ini setiap tahun untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif,” kata Direktur Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Otorita IKN Muhsin Palinrungi dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PFN Dwi Heriyanto B berharap, Nusantara Short Film Festival dapat menjadi wadah bagi para sineas muda untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan kreativitasnya.

Baca juga: Tiga film Indonesia raih penghargaan di ajang BIFAN 2024

Selain itu, pihaknya juga akan terus berkolaborasi untuk kemajuan masa depan film di tanah air.

“PFN juga akan terus mendukung kolaborasi dengan entitas Pemerintah, Kementerian/Lembaga, BUMN dan pihak swasta yang memiliki tujuan untuk memajukan ekosistem perfilman Indonesia. Mari kita menjaga semangat berkarya demi masa depan perfilman tanah air yang lebih baik,” kata Dwi.

Adapun, Nusantara Short Film Festival 2024 bertujuan untuk memberikan dukungan kepada sineas muda serta memfasilitasi interaksi yang produktif antara pembuat film, pengamat industri, dan penonton.

Baca juga: Indonesia, Afsel garap film jelang Festival Film di Cape Town

Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat terjalin pertukaran ide yang konstruktif dan memajukan industri film di tingkat lokal maupun nasional.

Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 144 orang, termasuk para sineas, juri, perwakilan OIKN dan PFN serta tamu undangan.

Partisipasi yang tinggi menunjukkan antusiasme dan dukungan besar terhadap perkembangan industri film di Kawasan Ibu Kota Nusantara dan sekitarnya.

Nusantara Short Film Festival 2024 mengangkat karya-karya terpilih dalam beberapa kategori yang relevan dengan perkembangan industri film saat ini.

Baca juga: Festival Film Alternativa hadir di Indonesia dukung industri lokal

Berikut adalah daftar pemenang dalam masing-masing kategori:

Pemenang Kategori Film Pendek:
1. Judul: Sekarang Kita Jalan Bersama
Karya: Teta Pictures, Muhammad Irza Fahri
2. Judul: Sejahtera Daun Kangkung
Karya: Selarasi
3. Judul: Lewat Cahaya
Karya: Selarasi Film, Sayyed Ibnu Iqbal Al Qadry

Pemenang Kategori Film Favorit:
1. Judul: Sekarang Kita Jalan Bersama
Karya: Teta Pictures, Muhammad Irza Fahri

Pemenang Kategori Film Dokumenter:
1. Judul: Visit Samboja
Karya: Dimas Hamidan Nur
2. Judul: Magical of Nusantara
Karya: Teras Karya Anwar Sadat
3. Judul: Pulau Muadak: Pesona Surga Kecil Ibu Kota Nusantara Pembawa Pesan dan Harapan
Karya: Pajar Putra Eka Ramadhan.


Baca juga: Film pendek "Kala Nanti" raih penghargaan festival film di Jepang

Baca juga: KJRI galang kerja sama persiapan Festival Film Indonesia di Cape Town

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024