Banjarmasin (ANTARA) - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) mengevakuasi 125 penumpang dan awak KM Niki Sejahtera yang terbakar di perairan Masalembo, di Laut Jawa, Kamis (1/7).

"Seluruh ABK dan penumpang dievakuasi ke KN Singa Laut-402 milik Bakamla dalam kondisi selamat dan pukul 12.30 Wita hari ini tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin I Putu Sudayana di Banjarmasin, Jumat.

Kapal Motor (KM) Niki Sejahtera sedang melaksanakan pelayaran dari Surabaya, Jawa Timur menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Baca juga: Kemenhub evakuasi kebakaran kapal di Perairan Tuban Laut Jawa

Kapal dengan panjang 131 meter dan tonase 9.982 GT ini membawa 44 anak buah kapal (ABK) dan 81 penumpang.

Muatan lainnya berupa sembilan truk tronton, 26 truk besar, tujuh truk kecil, enam mobil pribadi, empat sepeda motor, dan lima kendaraan roda tiga golongan 3B.

Ia menjelaskan hasil laporan sementara KM Niki Sejahtera mengalami kebakaran di perairan Masalembo karena kebakaran bagian "car deck" kapal.

Perairan Masalembo masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur.

Dalam operasi pencarian dan penyelamatan (SAR), Basarnas Banjarmasin mengerahkan 19 personel dibantu unsur maritim lainnya, seperti Lanal Banjarmasin, Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalsel, dan instansi terkait lainnya.

Baca juga: Basarnas simulasikan penyelamatan korban kapal terbakar di Labuan Bajo
Baca juga: Kapal penyeberangan terbakar di Bengkalis, diduga akibat arus pendek
Baca juga: Gulkarmat turunkan 60 personel padamkan kapal terbakar di Penjaringan

 
KM Niki Sejahtera yang terbakar di Perairan Masalembo. (ANTARA/HO-Bakamla)

Pewarta: Firman
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024