Jakarta (ANTARA) -
Mikrotrans merupakan salah satu moda transportasi umum dalam sistem JakLingko yang melayani berbagai kawasan di DKI Jakarta.

Bagi banyak orang, jenis transportasi ini mungkin sudah dikenal. Meskipun mirip dengan angkot, Mikrotrans menawarkan fasilitas yang lebih baik terutama karena armada tidak pernah menghabiskan waktu mengetem atau menunggu lama di halte-halte pemberhentian.

JakLingko merupakan sistem transportasi terintegrasi yang meliputi integrasi fisik, layanan, manajemen, dan sistem pembayaran. Sistem pembayaran ini tidak lagi menggunakan uang tunai, melainkan memanfaatkan uang elektronik dari berbagai jenis kartu.

Untuk menggunakan JakLingko, penumpang disarankan menunggu di halte atau bus stop terdekat. Karena JakLingko tidak akan menaikkan penumpang di sembarang tempat di pinggir jalan.

Baca juga: JakLingko isyaratkan peluncuran fase ketiga integrasi digitalisasi
Baca juga: Empat rute Mikrotrans yang beroperasi 24 jam layani 4.629 pelanggan


Sebelum bepergian, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu rute yang melayani tujuan Anda supaya tidak tersasar. Berikut adalah daftar rute Mikrotrans JakLingko yang beroperasi di Jakarta Barat.
Panduan rute Mikrotrans JakLingko Jakarta Barat 2024

- JAK 04: Grogol - Tubagus Angke
- JAK 05: Semper - Rorotan
- JAK 07: Tanah Abang - Grogol via Tawakal
- JAK 08: Roxy - Bendungan Hilir (Benhil)
- JAK 09: Roxy Mas - Karet

- JAK 10: Tanah Abang - Kota
- JAK 30: Grogol - Meruya via Roxy
- JAK 33: Pulogadung - Kota
- JAK 50: Kalideres - Puri Kembangan

- JAK 51: Taman Kota - Budi Luhur
- JAK 52: Kalideres - Muara Angke
- JAK 53: Grogol - Pos Pengumben
- JAK 54: Grogol - Bendungan Hilir (Benhil)
- JAK 56: Grogol - Srengseng
 
Mikrotrans JakLingko di Jakarta Barat beroperasi setiap hari dari pukul 05.00 hingga 22.00 WIB. Interval kedatangan kendaraan berkisar 15 menit pada jam-jam sibuk.

Mikrotrans JakLingko hingga kini masih memberlakukan tarif gratis alias cuma-cuma. Kendati demikian penumpang tetap harus melakukan tap-in dan tap-out dengan kartu uang elektronik tiap kali menggunakan jasa Mikrotrans JakLingko untuk memetakan penggunaan layanan tersebut.
 
Untuk mempermudah perjalanan, warga dapat memanfaatkan aplikasi mobile JakLingko yang menyediakan informasi terbaru mengenai rute dan jadwal. Informasi serupa juga bisa dilihat melalui situs resmi JakLingko serta beberapa halte pemberhentian Mikrotrans di Jakarta Barat.

Baca juga: Rute Mikrotrans JakLingko Jakarta Timur
Baca juga: Rute Mikrotrans JakLingko Jakarta Pusat

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024