Jakarta (ANTARA) - Turnamen 3X3 Indonesia 2024 untuk Regional Jawa dipastikan berjalan ketat dengan sejumlah peraturan baru yang diterapkan oleh manajemen guna meningkatkan persaingan antartim.

Pelaksanaan turnamen bola basket 3X3 bagi pebasket muda yang diinisiasi PT Supersport Sansation (SSS) International bekerja sama dengan PP Perbasi dan didukung oleh PT Bank Mandiri Tbk ini dipastikan akan lebih seru dari edisi sebelumnya.

Menurut Penanggung Jawab Turnamen 3x3 Indonesia Chaerul Anwar Azis peraturan baru pada tahun ini akan membuat persaingan semakin ketat. Jika tahun lalu setiap kategori umur meloloskan dua tim ke Final Regional, maka pada tahun ini hanya ada satu tiket yang diperebutkan untuk setiap kategori.

"Kategori yang dipertandingkan di 3X3 Indonesia Tournament tahun ini adalah kelompok umur (KU) 15 putra, KU-18 putra, KU-23 putra dan putri, serta KU-12 Mix. Para juara di masing-masing kategori akan mendapatkan tiket tampil di Final Regional Jawa yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 17 Agustus," jelas Chaerul dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Untuk mendapatkan tiket ke Final Regional Jawa, para peserta harus bersaing di fase play in yang akan digelar di empat tempat berbeda. Play in Regional Jawa akan dimulai di Jabodetabek pada 3 Agustus di The Forum Sports Hub, Bintaro. Kemudian dilanjutkan di Jawa Barat pada 4 Agustus di Elite Arena Bandung.

Selanjutnya, play in akan digelar di Jawa Tengah pada 10 Agustus di GOR SMA Warga Solo, dan terakhir di Jawa Timur pada 11 Agustus di GOR UNESA Surabaya.

Baca juga: Timnas putri peringkat empat di FIBA 3X3 U23 Nations LeagueAsia

"Play in di setiap kota tahun ini kita laksanakan satu hari, tentu akan semakin menambah ketatnya persaingan. Para peserta akan semakin bersemangat karena mereka harus saling mengalahkan untuk merebut satu tiket ke final," kata Chaerul yang akrab disapa Buyo.

Dengan format baru ini, Regional Jawa akan mendapatkan 20 tim yang akan tampil di Final Regional di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

"Kami selalu melakukan inovasi untuk memberikan panggung kepada para remaja menyalurkan bakatnya dalam bermain basket 3X3, sekaligus menguatkan tradisi basket 3X3 kepada masyarakat sejak usia dini," ujar Direktur Utama PT SSS International Azwan Karim.

Baca juga: Perbasi bentuk Timnas 3x3 untuk FIBA 3x3 U23 Nations League
Baca juga: Perbasi apresiasi penyelenggaraan turnamen basket 3x3 di luar Jawa

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024