Jakarta (ANTARA) - Tanaman kelor atau moringa memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan sehingga memiliki julukan The miracle tree. Seluruh bagian tanaman kelor mulai dari akar, batang, daun, biji hingga bunga kelor kaya akan gizi dan memiliki manfaat bagi tubuh.

Banyak zat penting yang terkandung di dalam tanaman kelor seperti serat, vitamin B, Fosfor, tembaga, kalium, selenium, vitamin C, vitamin A, kalsium, asam folat, tembaga, magnesium, protein, lemak, kalsium, dan zat besi. Tanin daun kelor juga berguna sebagai antioksidan, antimikroba, antifungi, dan juga anti inflamasi yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, fungsi utama dari antioksidan yang terkandung dalam daun kelor, yaitu membantu menangkal radikal bebas pada tubuh.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi daun kelor. Antara lain adalah:
  • Menurunkan kadar gula darah
  • ​​​​​​Menurunkan peradangan
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mencegah kanker
  • Meningkatkan produksi ASI
  • Mengurangi gejala menopause
  • Meningkatkan daya ingat
  • Menjaga kesehatan mata

Masyarakat Indonesia biasa mengonsumsi daun kelor sebagai masakan yang diolah menjadi sayur daun kelor. Namun ternyata tanaman ini juga bisa diawetkan atau dikeringkan untuk menjadi teh dan bisa disimpan untuk waktu yang lebih lama tanpa kehilangan zat nutrisi nya.

Pembuatan teh daun kelor terbilang mudah dan bisa dilakukan di rumah tanpa harus menggunakan alat-alat khusus. Berikut adalah cara membuat teh daun kelor di rumah:

Cara membuat teh daun kelor

1. Persiapan daun kelor

Siapkan sekitar 500 gram daun kelor. Cuci daun hingga bersih dan pisahkan dari rantingnya.

2. Pemisahan dan penirisan

Setelah daun kelor dicuci, tiriskan daun kelor dan pisahkan daun yang sudah menguning.

3. Pengeringan

Jemur daun kelor hingga kering. Hindari menjemur di bawah sinar matahari secara langsung agar nutrisi daun tetap terjaga.

4. Penggilingan

Setelah daun kering, blender daun hingga menjadi potongan kecil-kecil.

5. Penyajian

Teh herbal daun kelor siap untuk dikonsumsi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menikmati teh herbal daun kelor yang kaya akan nutrisi.

Kekurangan dari daun kelor adalah memiliki bau dan rasa langu, untuk mengurangi bau dan rasa langu tersebut Anda bisa menyajikan nya dengan madu atau menambahkan jeruk lemon atau sereh.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024