Jakarta (ANTARA) - Founder organisasi Rembuk Pemuda Aidil Pananrang menilai kepemimpinan anak muda saat ini harus bertransformasi agar tidak berada pada tataran transaksional.

Untuk menjadi pemimpin transformasional, kata dia, anak muda harus memiliki pemikiran ideal, cerdas untuk menghasilkan solusi yang baik, inspiratif, serta mampu membaca situasi dan kondisi.

"Jika anak muda memiliki berbagai pemikiran itu maka mereka akan memimpin dan menciptakan perubahan,” ujar Aidil dalam kegiatan Youth Conference Rembuk Pemuda Jatim 2024 di Malang, Jawa Timur, Kamis (1/8), seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Baca juga: DKI ajak anak muda unjuk kebolehan di Ajang Kreativitas Pemuda Jakarta

Maka dari itu, Aidil mengajak anak muda untuk bisa terlibat aktif dalam berbagai kegiatan publik, menekan ego pribadi, serta mendahulukan kepentingan umum untuk bangsa dan negara yang lebih baik.

Ia turut mengajak agar para anak muda Jawa Timur bisa belajar dari sosok mantan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Emil Dardak yang memiliki banyak pencapaian dan kontribusi pada usia yang masih sangat muda.

Namun, Aidil berharap para pemuda bisa aktif berkontribusi dalam ranah publik bukan hanya pada tataran dialektika, tetapi secara konkret turut berkontribusi membangun bangsa dalam kapasitas dan area masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Emil Dardak selaku Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur periode 2019-2024 menekankan betapa pentingnya keterlibatan anak muda dalam dialektika publik dan secara konkret ikut dalam agenda pembangunan bangsa.

Baca juga: Tanoto Foundation siapkan 195 pemuda dukung konsep keberlanjutan

Pasalnya, dia mengatakan bahwa anak muda perlu banyak terlibat dalam setiap kondisi yang terjadi di bangsa ini, sehingga tidak hanya menjadi silent majority atau mayoritas orang yang diam.

"Anak muda harus bisa mengaktivasi nation survival, semangat bersama, semangat kebangsaan, semangat kemerdekaan,” ucap Emil.

Dirinya pun menyerukan kepada anak muda agar bisa menjadi pemimpin masa depan yang baik, bisa berpikir jangka panjang ke depan, serta memiliki mental dengan usaha besar, berdaya tahan tinggi, dan tidak mudah patah arang.

Adapun kegiatan Youth Conference Rembuk Pemuda Jatim 2024 mengusung tema “Mewujudkan Kepemimpinan Transformasional: Menuju Masa Depan Berkelanjutan”.

Acara dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai elemen organisasi anak muda yang ada di Jawa Timur, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai universitas di Jawa Timur, Organisasi Kepemudaan (OKP), komunitas, serta berbagai elemen anak muda.

Baca juga: Kemenpora buat rapat optimalisasi untuk siapkan pemuda berdaya saing
Baca juga: Menkominfo ajak kelompok mahasiswa dan pemuda berantas judi online

Baca juga: Pemuda berperan penting dalam pelaksanaan Pilkada 2024
 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024