Jakarta (ANTARA) - Grid MotoGP 2024 di Sirkuit Silverstone, Inggris, akhir pekan ini akan dihiasi dengan livery retro spesial sebagai bentuk perayaan hari jadi balapan kelas utama yang ke-75 tahun.

“Setiap warna yang luar biasa ini diperlihatkan secara langsung dalam MotoGP 75th Anniversary Special dengan para penggemar yang mengikuti pit lane ‘Day of Champions’ dapat menyaksikan pertunjukan secara langsung saat penutupnya dibuka, motor demi motor,” kata MotoGP dalam keterangan resmi, Jumat.

Semua tim yang tergabung dalam rangkaian Grand Prix Inggris akhir pekan ini membawa desain bergaya retro sebagai peringatan warisan tim dari tahun ke tahun, membuka kembali ingatan bagaimana olahraga balap ini terus dicintai selama lebih dari tujuh dekade.

Sejumlah pembalap turut membagikan kesan mereka terkait desain spesial yang akan mereka hadirkan di atas trek nanti.

Bagi Aleix Espargaro (Aprilia Racing), desain Max Biaggi 250cc yang didominasi warna hitam nan elegan, merupakan salah satu livery favoritnya.

“Saya suka desain ini dan motor 250cc milik Max adalah motor favorit saya, dia memenangkan Kejuaraan Dunia 1994, 1995, dan 1996 dan menurut saya motor ini terlihat menakjubkan – saya rasa mereka menyebutnya 'mutiara hitam',” ungkap Espargaro.

“Motor ini terlihat menakjubkan, bukan hanya karena cantik tetapi juga karena terlihat sangat agresif dan bersemangat. Itu adalah DNA Aprilia dan Max adalah idola saya sejak saya masih kecil dan sekarang dia adalah teman saya dan saya sangat bangga membalap dengan warna motornya,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Bagnaia dan Marquez tak gentar jelang MotoGP Inggris di Silverstone

Sementara, Brad Binder dan Jack Miller akan mengendarai KTM RC16 yang sangat berbeda dari desain motor biasanya.

Sepeda motor tersebut telah mengalami perubahan besar sebagai bentuk penghormatan kepada sepeda motor khusus yang menjadi kebanggaan di KTM Motohall.

Desain putih dan biru yang khas menghiasi 'KTM Single Racer' pada 1988 bermesin KTM LC4 milik Wolfgang Felber (Wakil Presiden Technology Road Racing saat ini) dan juga menjadi dasar logo perusahaan KTM saat itu.

Di sisi lain, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) tidak sabar untuk segera membalap di trek dengan tampilan baru yang begitu segar sekaligus penuh nostalgia.

“Sepeda motornya terlihat cantik dan saya tidak sabar untuk mengendarainya sambil mengenakan baju balap dan helm dengan skema warna khusus. Para penggemar akan sangat menikmati acara ini karena ini adalah sesuatu yang berbeda dan menarik,” kata dia.

Baca juga: Rins perpanjang kontrak dengan Yamaha hingga 2026
Baca juga: Bezzecchi dan Diggia nantikan MotoGP Inggris di Silverstone


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024