Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (1/8) menjadi sorotan, mulai dari Prabowo memeriksa pesawat tempur nirawak Turki di Bayraktar Istanbul hingga PPP Jatim deklarasi jihad menangkan Khofifah-Emil di Pilkada 2024.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:


1. Prabowo cek pesawat tempur nirawak Turki di Bayraktar Istanbul

Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanfaatkan waktu transitnya di Istanbul, Turki, untuk berkunjung ke Pusat Teknologi Nasional Özdemir Bayraktar dan melihat beberapa pesawat tempur nirawak (combat drone) buatan Baykar Turki.

Prabowo terbang dari Moskow, Rusia, Rabu (31/7) waktu setempat dan mendarat pada hari yang sama di Istanbul untuk transit selama beberapa jam sebelum melanjutkan perjalanan ke tanah air.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Kamis, menjelaskan kunjungan kerja Prabowo ke pusat teknologi milik Baykar itu menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia memperkuat pertahanan RI sekaligus industri pertahanan dalam negeri

Baca selengkapnya di sini


2. Presiden Jokowi: Pembunuhan Ismail Haniyeh tidak bisa ditoleransi

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa tewasnya Ismail Haniyeh, pemimpin biro politik organisasi perlawanan Palestina Hamas di Teheran, Iran, merupakan kekerasan dan pembunuhan yang tidak bisa ditoleransi.

"Itu sebuah kekerasan, pembunuhan, yang tidak bisa ditoleransi. Dan terjadi di wilayah kedaulatan Iran," kata Presiden Jokowi usai menghadiri Peresmian Pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia (FEKDI x KKI) 2024 di JCC Senayan Jakarta, Kamis.

Presiden pun menegaskan bahwa Indonesia mengecam keras kekerasan dan pembunuhan terhadap Ismail Haniyeh.

Baca selengkapnya di sini


3. Istana batasi jumlah peserta upacara di IKN

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pihak Istana akan membatasi jumlah tamu undangan yang akan menghadiri upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, 17 Agustus 2024.

“Seperti disampaikan Pak Mensesneg tadi, ada keterbatasan. Di IKN itu kami mempersiapkan (untuk upacara penaikan bendera) 1.000 (undangan) di pagi hari, dan sore hari (penurunan bendera) 1.000, plus 380 di main hall,” jelas Heru dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Untuk mengakomodasi banyaknya masyarakat yang antusias mengikuti upacara di IKN, pemerintah menyiapkan sebuah lokasi di Plaza Seremoni atau Sumbu Kebangsaan IKN, yang akan menampung 1.500 undangan.

Baca selengkapnya di sini


4. BNPT laksanakan pra audit pengamanan Katedral jelang kedatangan Paus

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI melaksanakan Sosialisasi dan Pra Audit Standar Minimum Pengamanan pada Gereja Katedral Jakarta, Kamis, untuk memastikan kedatangan Paus Fransiskus pada September 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Dalam melakukan pra audit standar minimum pengamanan di Gereja Katedral Jakarta, Tim Asesor dari BNPT memeriksa dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan dan peralatan, infrastruktur, serta petugas keamanan di lingkungan Katedral.

"Berdasarkan Perban (Peraturan Badan) BNPT Nomor 3 Tahun 2020, objek vital strategis dan fasilitas publik mendapatkan perlindungan dari ancaman tindak pidana terorisme," ucap Kasubdit Pengamanan Lingkungan BNPT RI Kolonel Laut (H) Setyo Pranowo dalam keterangan tertulis resmi.

Selengkapnya baca di sini


5. PPP Jatim deklarasi jihad menangkan Khofifah-Emil di Pilkada 2024

Jajaran kader dan pengurus DPW PPP melakukan Deklarasi Jihad untuk memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2024.

"Yang pertama, DPW PPP Jatim memandang kepemimpinan Khofifah-Emil pada periode 2019—2024 telah menurunkan angka kemiskinan Jawa Timur secara signifikan," kata Wakil Ketua DPW PPP Jatim Mujahid Ansori membacakan deklarasi itu di Muskerwil PPP Kota Surabaya, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024