Memproduksi aneka olahan ikan patin seperti kerupuk ikan sekaligus menerbitkan branding atau merek desa wisata di desa tersebut.
Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (Unri) mengajak masyarakat di lingkungan Desa Empat Balai, Kabupaten Kampar, untuk memproduksi aneka olahan ikan patin seperti kerupuk ikan sekaligus menerbitkan branding atau merek desa wisata di desa tersebut.

"Upaya ini dilakukan dalam rangkaian pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2024," kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Unri Clara Yolandika SP MSi dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Unri, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, kegiatan pengabdian masyarakat ini berkolaborasi dengan Tommy Tanu Wijaya PhD dari School of Mathematical Sciences, Beijing Normal University, China.

Selain itu, tim pengabdian juga beranggota Prof Dr Neni Hermita SPd MPd dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Desi Rahmadani SPi MSi dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Unri.

"Program pengabdian ini KKN MBKM ini merupakan program pengabdian untuk mencapai Indeks Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi yaitu IKU 2,3,5, dan 6 sekaligus diharapkan mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus," kata Clara.

Selain itu KKN MBKM ini juga akan memberikan pengalaman bagi mahasiswa, pengaplikasian hasil penelitian dosen terkait nilai tambah olahan ikan patin ini dapat meningkatkan omzet masyarakat hingga 80 persen itu.

Kepala Desa Empat Balai Abdi Syukri ST mengapresiasi KKN MBKM ini dan semoga berlanjut pada tahun berikutnya. Semoga kegiatan hilirisasi produk berbahan baku ikan patin ini meningkatkan daya saing produksi masyarakat Desa Empat Balai.
Baca juga: Unri terjunkan 5.907 mahasiswa KKN di desa 
Baca juga: 1.299 mahasiswa Universitas Riau KKN di Kabupaten Siak

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024