Jakarta (ANTARA) - Pendukung Ridwan Kamil yang tergabung dalam Relawan Kita (RK) menilai sosok mantan Gubernur Jawa Barat itu akan mampu memberikan atensi penuh terhadap masalah buruh, olahraga hingga keumatan di Jakarta.

Lewat diskusi bersama sejumlah komunitas di Pulo Gebang, Jakarta Timur, para pegiat buruh, olahraga dan keumatan berharap Ridwan Kamil mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di wilayah Jakarta Timur.

"Perhatian utama komunitas buruh tentu masalah kesejahteraan, yang tercermin dalam upah dan kompensasi lainnya," kata Utsman, salah satu perwakilan komunitas buruh di sektor industri metal dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Utsman menilai Upah Minimum Provinsi (UMP) di Jakarta lebih rendah dari UMP di Karawang dan Bekasi, padahal standar hidup di Jakarta jauh lebih tinggi.

Baca juga: Ridwan Kamil dinilai mampu mewujudkan Jakarta yang sehat dan inklusif

Ia pun menilai pemerintah provinsi memiliki ruang inovasi untuk mewujudkan kebijakan pengupahan yang lebih layak dan manusiawi, sebagaimana dilakukan di Jawa Barat.

"Misalnya, yang dilakukan Pak Ridwan Kamil dengan mengeluarkan SK Gubernur tentang Penyesuaian Upah Buruh Dengan Masa Satu Tahun atau Lebih. Itu sebenarnya bisa dilakukan di Jakarta, tapi tidak pernah dilakukan," katanya.

Harapan serupa juga disampaikan Yuaneta Anggraini yang aktif di komunitas olahraga bisbol dan sofbol. Ia mengharapkan perhatian pemerintah untuk cabang olahraga yang kurang populer tetapi memberi peluang untuk meraih prestasi di tingkat regional dan internasional, seperti cabang olahraga yang ia geluti.

"Peluang kita mencetak prestasi internasional sangat terbuka. Memang ada tantangan karena fasilitas yang tidak murah. Karena itu pemerintah harus hadir menyediakan fasilitas agar olahraga ini bisa makin popular dan berprestasi," kata Yuaneta.

Baca juga: Projo: RK lawan sebanding Anies di Jakarta

Sementara itu, pegiat komunitas keumatan Yusuf Effendi punya harapan besar terhadap sosok Ridwan Kamil yang dinilai mampu mewujudkan kehidupan keumatan yang damai dan toleran.

Sebagai pendamping ustad dan ibu-ibu pengajian di pelosok Jakarta itu, umat Islam akar rumput kini mencari sosok yang mendukung perdamaian alih-alih polarisasi.

"Narasi-narasi yang memancing kemarahan dan memecah-belah umat tidak akan laku lagi. Para pemimpin umat di akar rumput sudah belajar dari pilkada yang lalu dan tidak akan mendukung calon yang memicu polarisasi," kata Yusuf.

Ketua Umum Relawan Kita (RK) Henry Baskoro berharap aspirasi dari sejumlah komunitas di Jakarta Timur itu bisa menjadi masukan untuk bisa dijawab dan diperjuangkan Ridwan Kamil dalam kontestasi Pilkada Jakarta pada November mendatang.
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024