bertujuan dapat menjaring siswa-siswi terbaik dalam bidang sains dan teknologi
Banjarmasin (ANTARA) - Ratusan siswa dari tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Kalimantan Selatan 2024 di MAN 2 Banjarmasin.

Menurut Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Kamis, kompetisi ini diikuti ratusan siswa madrasah dari 13 kabupaten/kota.

Dari laporan panitia, ungkap dia, total peserta kompetisi sains madrasah 2024 itu sebanyak 383 siswa, yakni, sebanyak 224 peserta individu dan 159 peserta beregu.

Menurut dia, kompetisi tahunan ini digelar untuk menumbuhkan semangat kompetitif dan kolaboratif siswa madrasah dalam menciptakan inovasi dan sains yang berguna bagi bangsa dan negara.

"Ini juga bertujuan dapat menjaring siswa-siswi terbaik dalam bidang sains dan teknologi, yang nantinya dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi ternama, baik di tingkat nasional maupun internasional," ujarnya.

Karenanya, kompetisi ini merupakan momen penting untuk berkolaborasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan pendidikan sains di madrasah.

Baca juga: Kemenag: Kompetisi Sains Madrasah ajang cetak generasi unggul
Baca juga: 375 murid Madrasah se-Indonesia beradu sains tingkat nasional


Menurut Tambrin, kompetisi ini membuat semua setiap pihak yang terlibat memiliki pemahaman yang sama dan bekerja secara sinergis untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mengawal dan mewujudkan madrasah maju, bermutu dan mendunia.

Dia berpesan untuk selalu terbuka terhadap inovasi, menjunjung integritas dan berfokus pada peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan.

"Jadikan kompetisi ini sebagai salah satu indikator keberhasilan dalam menghasilkan pendidikan yang berkualitas," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Bukhari Muslim menyampaikan, secara umum, pelaksanaan kompetisi sains madrasah pada 1 Agustus 2024 ini bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bukhari menerangkan, tahun ini format kompetisi menambahkan kompetisi beregu selain individu dengan tiga sesi, yakni sesi pertama dari jenjang MA, sesi kedua dari jenjang MTs dan sesi ketiga dari semua jenjang.

Baca juga: 712 siswa di Kalsel ikuti kompetisi sains madrasah 2023
Baca juga: Kemenag laksanakan simulasi KSM 2023 untuk madrasah se-Kota Solok

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024