Jakarta (ANTARA) - Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI Jakarta Andi Anzhar 
Cakra Wijaya siap membawa perubahan besar dalam induk organisasi dunia usaha di Indonesia tersebut.

"Insya Allah (siap), karena memang saya hampir lima tahun ini, ditugaskan di Kadin DKI Jakarta sebagai wakil ketua umum bidang investasi, sedikit banyak pengalaman tersebut bisa saya kembangkan ketika saya menjadi ketua umum Kadin DKI Jakarta," katanya.

Dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis, Andi menjelaskan perubahan yang dimaksud olehnya adalah perubahan yang ke arah lebih baik lagi untuk anggota Kadin DKI Jakarta dan bermanfaat untuk masyarakat.

"Kadin DKI Jakarta ini adalah kapal besar. Saya tegaskan di sini bahwa yang namanya Kadin DKI Jakarta ini harus ada perubahan," katanya.

Perubahan cara berinovasi dan memberikan solusi-solusi kepada para anggota di sini. "Maka untuk itu, kita rapatkan barisan kita. Kita satukan misi kita," ungkapnya.

Baca juga: Calon Ketum Kadin Andi Anzhar ingin ciptakan pengusaha baru

Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat tersebut juga menyebutkan, Kadin DKI Jakarta akan menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ), maka kekhususannya adalah Jakarta akan menjadi murni bisnis.

"Berarti apa? Berarti Kadin Jakarta mempunyai peluang-peluang dan tentunya ada tantangan-tantangan," katanya.

Hal itu tentunya menjadikan posisi Kadin DKI Jakarta sebagai rumah besar pengusaha-pengusaha Jakarta untuk ikut berkontribusi dalam menyongsong Jakarta menjadi kota global.

"Itulah perlunya komunikasi yang efektif Kadin dengan seluruh pihak yang ada di Jakarta ini," kata Andi.

Baca juga: Kadin DKI buka pendaftaran pengurus baru

Andi juga menyebutkan Kadin DKI Jakarta wajib melahirkan inovasi-inovasi baru dalam berbisnis seperti digitalisasi untuk membantu koperasi dan UMKM.

"Koperasi dan UMKM ini tentu ke depan menjadi salah satu sasaran yang kita bantu, bagaimana mereka bisa membuat pondasi yang kuat," katanya.

Setelah itu, membuat konsep yang solutif kemudahan berusaha/berbisnis untuk warga Jakarta. "Kemudahan mereka untuk mengakses ke pemerintahan, kemudahan mereka untuk mengakses perbankan (pembiayaan)," katanya.

Musyawarah Provinsi (Musprov) XIV Kadin DKI Jakarta akan digelar sepekan lagi, tepatnya 7-8 Agustus 2024. Dua orang telah dinyatakan resmi menjadi calon ketum Kadin DKI Jakarta adalah Andi Anzhar Cakra Wijaya dan Diana Dewi.

Andi Anzhar merupakan wakil ketum Kadin DKI Jakarta bidang investasi periode 2019-2024. Sedangkan, Diana Dewi adalah calon petahana (ketua KADIN DKI Jakarta 2019-2024).

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024