Pengelola wisata desa agar memanfaatkan aplikasi media sosial untuk promosi destinasi wisata yang dikelolanya....
Situbondo (ANTARA) - Objek wisata Pantai Bletok di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim), terpilih dalam ajang Festival Desa Wisata Cerdas Mandiri (Festival Dewi Cemara) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim 2024.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo Puguh Wardoyo, di Situbondo, Kamis, mengaku bersyukur karena tahun ini objek wisata Pantai Bletok yang dikelola Pemerintah Desa Bletok, Kecamatan Bungatan itu terpilih di ajang Festival Dewi Cemara mewakili Situbondo.

"Oleh karena itu pemerintah daerah telah memberikan dukungan dengan menggelar lokakarya yang dihadiri kelompok sadar wisata (pokdarwis) dalam upaya bagaimana pengelola wisata desa mempromosikan potensi wisata di wilayahnya," katanya.

Puguh mengajak pengelola wisata desa agar memanfaatkan aplikasi media sosial untuk promosi destinasi wisata yang dikelolanya, karena saat ini wisatawan mengetahui tujuan wisata lewat media sosial sekitar 70 persen.

Kegiatan lokakarya yang digelar di wisata Pantai Bletok beberapa waktu lalu bermula dari pemikiran perubahan perilaku wisatawan terlihat ketika mencari dan menyebar informasi mayoritas memanfaatkan media sosial.

"Perkembangan teknologi informasi sebagian besar masyarakat memanfaatkan gawai untuk mengakses informasi pariwisata yang akan dikunjungi hingga kuliner dan tempat penginapan di sekitar destinasi," kata Puguh.

Menurutnya, media sosial telah mengubah pola hidup masyarakat termasuk saat melakukan perjalanan wisata.

Puguh akan terus mendorong dan memberikan dukungan kepada pengelola pariwisata di Kabupaten Situbondo, agar memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan destinasi wisata serta membuat spot-spot foto.

"Perlu kami sampaikan bahwa digital tourism tidak hanya sekadar mengenalkan tapi bagaimana juga menyebar keindahan pariwisata secara luas untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," ujarnya.

Objek wisata Pantai Bletok Situbondo di Jalur Pantura Kecamatan Bungatan, dan terletak beberapa kilometer dari Wisata Bahari Pasir Putih.
Baca juga: Giliran wisata Pantai Merak-Baluran Situbondo ditutup sementara
Baca juga: Pemkab Situbondo kenalkan wisata bahari lewat lomba memancing

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024