Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama tiga anak perusahaannya, yaitu Petrokimia Gresik, Pupuk Kalimantan Timur, dan Pupuk Sriwidjaja Palembang menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Youth U15 - U17 Pupuk Indonesia 2024 di Bandung mulai 1 hingga 4 Agustus.

Direktur SDM Pupuk Indonesia, Tina T. Kemala mengatakan pupuk Indonesia Grup berkomitmen untuk meningkatkan dan meregenerasi atlet angkat besi Indonesia dengan menggelar kejuaraan nasional ini.

"Pupuk Indonesia sebagai bagian dari BUMN tentu saja mendukung regenerasi lifter. Oleh karena itu, kami berharap melalui kegiatan ini dapat melahirkan atlet-atlet atau lifter muda berprestasi yang dapat mengharumkan nama bangsa di masa akan datang, sehingga dukungan kegiatan ini menjadi bentuk kontribusi Pupuk Indonesia Grup pada negara," kata Tina T. Kemala dalam keterangan resmi, Kamis.

Prestasi yang paling terbaru diraih oleh Kevin Andrian Ramadhan yakni 3 medali emas di kancah internasional tepatnya EGATS CUP, serta 3 medali emas Kejurnas PPLP 2024, 3 medali emas Kejurnas Youth & Junior Pupuk Indonesia Surabaya 2023, dan 3 emas Kejurnas U12-14 2022.

Kejuaraan yang telah berlangsung sejak tahun 2022 ini, kini diikuti oleh 123 atlet yang berasal dari 31 Pengurus Provinsi (Pengprov), Pengurus Kota (Pengkot), Pengurus Kabupaten (Pengkab) PABSI, serta klub.

Ada 12 kelas remaja putra dan putri dipertandingkan, diantaranya Kelas 40 Kg, Kelas 45 Kg, Kelas 49 Kg, Kelas 49 Kg, Kelas 55 Kg, Kelas 59 Kg, dan Kelas +59 Kg di bagian putri. Sementara di bagian putra mempertandingkan Kelas 49 Kg, Kelas 55 kg, Kelas 61 Kg, Kelas 67 Kg, Kelas +73 Kg.

"Alhamdulillah, beberapa atlet jebolan Kejurnas Angkat Besi Senior Pupuk Indonesia 2023, Nurul Akmal, Eko Yuli Irawan, dan Rizki Juniansyah mewakili Indonesia dalam Olimpiade 2024, yang kita harapkan bisa meraih emas untuk merah putih. Semoga ini memotivasi atlet angkat besi tanah air lainnya," kata Tina.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Hadi Wihardja OLY menambahkan, kejurnas kali ini juga diikuti oleh atlet/lifter dari Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, yaitu Papua Pegunungan. Ia berharap dari kejurnas kali ini lahir atlet-atlet berprestasi Internasional.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pupuk Indonesia, yang selalu berkontribusi untuk kemajuan olahraga angkat besi di Indonesia," ujar Hadi Wihardja.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Angkat Besi (PB PABSI) Djoko Pramono juga berterima kasih kepada Pupuk Indonesia Grup yang membantu dan mendukung secara penuh kegiatan ini guna menghasilkan bibit atlet potensial yang diharapkan nanti menjadi juara dunia dan menjadi atlet yang merebut Olimpiade masa mendatang.

Menurut Djoko, kejurnas merupakan bagian pembinaan jangka panjang yang memerlukan pendekatan khusus untuk menjalin talenta muda melalui pemanfaatan sports science yang terukur di bawah kendali bagian Bina Prestasi PB PABSI. Karena itu, kegiatan ini perlu dukungan anggaran yang besar agar pelaksanaan kejurnas sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

“Kami sangat senang dan bangga karena animo yang besar dari setiap daerah yang dibuktikan dengan peserta dari hampir seluruh daerah,” ujar Djoko.

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024