Jakarta (ANTARA) - Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk bayinya, termasuk memberikan ASI secara eksklusif setidaknya selama 6 bulan. Proses menyusui bisa menjadi tantangan bagi para ibu, terutama dalam memastikan apakah produksi ASI cukup untuk memenuhi kebutuhan si kecil.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan meminum ASI dapat menurunkan risiko bayi terkena penyakit tertentu dan membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat. ASI mengandung semua yang dibutuhkan bayi untuk bertumbuh dan berkembang. ASI secara natural menyediakan formula vitamin, mineral, dan antioksidan yang spesifik.

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan produksi ASI, salah satunya bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa makanan penambah ASI yang bergizi dan mudah didapatkan :

Sayuran-sayuran:
  1. Bayam. Sayur bayam sangat kaya akan kandungan kalsium, asam folat dan vitamin K yang dapat memperlancar ASI.
  2. Daun katuk. Daun katuk mengandung senyawa papaverine dan fitosterol yang dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin dan prolaktin, hormon-hormon tersebut merupakan hormon yang mempengaruhi produksi ASI.
  3. Daun kelor. Daun kelor mengandung flavonoid dan polifenol, yang dapat merangsang produksi hormon menyusui dan melancarkan produksi ASI. Sayur olahan daun kelor bisa menjadi alternatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas ASI.
  4. Wortel. Wortel kaya akan vitamin C yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui, serta vitamin A yang dapat meningkatkan kualitas ASI. Wortel bisa langsung dimakan, dimasak sebagai pelengkap dalam masakan sayur atau dijadikan jus.
  5. Kangkung. Kangkung ke dalam menu sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian, seperti karbohidrat, protein, serat, kalsium, fosfor, kalium, dan vitamin C, serta meningkatkan jumlah produksi ASI.

Kacang-kacangan
Kacang almond dan kenari mengandung fitoestrogen dan protein yang membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, kacang almond dan kenari juga mengandung banyak lemak sehat yang penting untuk perkembangan otak bayi.

Ikan
Sudah menjadi informasi umum bahwa ikan merupakan sumber pangan kaya gizi dan memiliki banyak manfaat yang salah satunya adalah menambah kuantitas dan kualitas ASI. Ikan mengandung banyak mineral, vitamin, protein dan omega-3.

Air Putih
Komposisi air dalam kandungan ASI mencapai 90% jadi sang ibu tidak mengonsumsi cukup air, tentunya hal itu akan mempengaruhi produksi ASI. Mengonsumsi air putih yang cukup akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membuat produksi ASI menjadi optimal.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024