Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Pusat mencatat bahwa hari pertama bursa kerja (job fair) tahap kedua tahun 2024 di Gajah Mada Plaza, Petojo Utara, Gambir diikuti 879 pencari kerja.
 
"Hari pertama ada 879 pencari kerja. Mari manfaatkan waktu hari ini. Masih banyak kuota lowongan yang dibutuhkan," kata Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas dan Transmigrasi (P3T) Suku Dinas Nakertransgi Jakarta Pusat, Helazurine Lindane di Jakarta, Kamis.
 
Hela menyebutkan, sebanyak 40 perusahaan berpartisipasi dalam kegiatan "job fair" kedua tahun 2024. Kegiatan ini menyiapkan sebanyak 1.897 lowongan.
 
Perusahaan yang berpartisipasi bergerak di berbagai bidang seperti retail, logistik, perhotelan, farmasi, keuangan, otomotif, "hospitality" dan asuransi.

Baca juga: Pemkot Jakpus sediakan 1.896 lowongan kerja untuk tekan pengangguran

Bursa kerja tahap kedua tahun 2024 yang dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu (31/7) hingga Kamis (1/8) ini ada 40 perusahaan yang berpartisipasi. Setiap harinya kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.
 
Hela mengaku, jumlah pencari kerja yang datang dan berpartisipasi dalam kegiatan tidak sebesar biasanya sebanyak 1.200 orang. Menurut Hela kondisi akses jalan yang masih dalam tahap perbaikan memicu masyarakat kurang berminat datang.
 
"Ke depan kami akan lihat seperti evaluasinya agar kegiatan lebih maksimal," ujar Hela.

Baca juga: Warga padati pembukaan bursa kerja tahap kedua di Jakpus
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyebutkan sebanyak 277 warga mendapatkan pekerjaan melalui bursa kerja (job fair) tahap pertama tahun 2024 di Mal Thamrin City, Kecamatan Tanah Abang.
 
"'Job fair' tahap pertama sukses diselenggarakan. Total yang telah ditempatkan hingga tanggal 30 Juli 2024 ini sejumlah 277 orang" kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Pusat Noviar Dinariyanti di Jakarta, Rabu (31/7).
 
Pada pembukaan "job fair" kedua tahun 2024 di Gajah Mada Plaza, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, dia mengemukakan bahwa jumlah ini akan terus bertambah karena beberapa perusahaan peserta "job fair" tahap pertama masih menyeleksi pelamar kerja.
 
Novi menyebutkan, pada penyelenggaraan "job fair" tahap pertama berhasil dikunjungi sebanyak 2.310 pencari kerja. Dari jumlah tersebut, total pengunjung yang melamar kerja sebanyak 662 orang.
Baca juga: 277 warga dapat pekerjaan dari bursa kerja pertama di Jakpus

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024