Jakarta (ANTARA) - Komunitas lari perusahaan Astra Grup, Astra Runners, kembali menggelar ajang lari Astra Half Marathon 2024 untuk mengkampanyekan gaya hidup dan lingkungan yang sehat di masyarakat.

"Melalui ajang ini kami ingin mengkampanyekan kepada masyarakat untuk bersama-sama menerapkan pola hidup sehat sekaligus menjaga kelestarian lingkungan khususnya mengurangi sampah plastik," ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Ajang Astra Half Marathon 2024 bakal berlangsung di Astra Biz Center, BSD, Tangerang, pada 10 September mendatang, bertepatan dengan usia ke-11 Astra Runners dengan mengusung tema "Run With Happiness" yang sejalan dengan Astra 2030 Sustainability Aspirations dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa serta mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Melalui tagline Astra Runners: “We Run, We Care, We Share,” Astra mengajak peserta untuk lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya dalam penggunaan kembali barang-barang sekali pakai (reuse).

Selain itu, juga terkait pengurangan penggunaan plastik sekali pakai (reduce), dan mendorong kebiasaan untuk mendaur ulang produk lama menjadi sesuatu yang baru dan berguna (recycle).

Ia menjelaskan, Astra memberikan perhatian yang cukup intensi terhadap persoalan kerusakan lingkungan.

Baca juga: RunHub 2024 bawa semangat "Beyond Running" di Jakarta

Oleh sebab itu, selain menggelar ajang lari, Astra juga menggalang gerakan pembersihan sampah di Pulau Pramuka, DKI Jakarta, maupun membina Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak dalam daur ulang sampah.

"Pesan ini yang ingin kami kampanyekan agar semakin banyak masyarakat yang bergaya hidup sehat serta peduli pada lingkungan," ujarnya.

Sementara itu, Project Leader Astra Half Marathon Dimas Ario mengatakan, ajang tersebut merupakan kali sejak digelar pada 2019 lalu. Ajang kali ini terbuka untuk umum sehingga pihaknya menargetkan peserta yang terlibat mencapai 5.000 orang.

Ajang tersebut diperuntukkan bagi warga berusia 18-70 tahun. Warga yang berusia di atas 70 tahun juga bisa ikut serta dengan mengantongi surat keterangan sehat dari dokter, sementara bagi remaja di bawah 18 tahun harus memiliki surat keterangan atau izin dari orang tua.

Ia menjelaskan, bagi warga yang hendak mengikuti ajang tersebut bisa mendaftar dalam dua periode yaitu early bird selama dengan biaya pendaftaran untuk kategori 5K sebesar Rp250 ribu/orang, 10K Rp300 ribu/orang, dan half marathon Rp450 ribu/orang.

Sedangkan pada periode normal price untuk kategori 5K Rp350 ribu/orang, 10K Rp400 ribu/orang, dan half marathon Rp550 ribu/orang.

Ario menambahkan, dana yang terkumpul akan disumbangkan kepada UMKM binaan Astra yang selama ini bergerak dalam pengelolaan atau daur ulang sampah plastik.

Baca juga: Panitia Guardian Run 2024 fokus persiapkan keamanan lari bagi pemula

Baca juga: 3.000 pelari ramaikan "Rupiah Borobudur Playon 2024"


Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024