Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan memfasilitasi peliputan media dalam menyambut High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 2024.

"Jadi, teman-teman media akan kami fasilitasi peliputannya," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Kemkominfo Usman Kansong dalam pengarahan media secara daring yang diadakan Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Jakarta, Kamis.

Dalam paparannya, Usman Kansong mengatakan bahwa HLF MSP dan IAF ke-2 merupakan dua acara berbeda yang akan diadakan secara bersamaan pada 1-3 September 2024 di Nusa Dua, Bali.

Acara HLF-MSP akan diadakan di Bali International Convention Center (BICC) Hotel Westin, sementara IAF ke-2 akan diadakan di Hotel Mulia, di kawasan Nusa Dua, Bali.

Untuk memfasilitasi peliputan media, Kemkominfo akan menyediakan media center yang akan memungkinkan 700 jurnalis, baik jurnalis dari dalam negeri dan luar negeri, untuk melakukan peliputan selama dua acara tersebut berlangsung.

Baca juga: Indonesia jadikan Bandung Spirit fondasi kerja sama dengan Afrika

Media center tersebut, kata Usman, akan berada di Pecatu Hall Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan akan mulai beroperasi pada 1 sampai 3 September 2024.

Untuk registrasinya, para awak media bisa melakukan registrasi pada 3 sampai 22 Agustus 2024, dan pengambilan badge akan dimulai pada 29 hingga 31 Agustus 2024 di Hotel Santika Siligita Nusa Dua, Bali.

"Persyaratannya seperti biasa, akan sesuai standar, sebagaimana acara-acara internasional yang kita lakukan," kata dia.

Lebih rinci, Usman menjelaskan bahwa persyaratan umum bagi jurnalis yang akan melakukan peliputan antara lain lampiran swafoto, kartu identitas, dan surat penugasan dari lembaga media tempat jurnalis terkait bekerja.

Sementara itu, ada syarat tambahan untuk jurnalis asing, antara lain perlunya mereka melampirkan informasi perjalanan, akomodasi hotel, dan daftar peralatan yang dibawa selama peliputan.

Registrasi dilakukan dengan mendaftarkan diri ke situs web media.msp-iaf.id atau dengan menanyakan segala hal yang terkait registrasi media ke nomor WhatsApp 085211574866.

Baca juga: Dirjen IKP: Indonesia jadi tuan rumah IAF dan HLFMSP September 2024

Untuk alur registrasi, para awak media yang akan melakukan peliputan dapat pertama-tama membuka website yang terkait untuk membuat akun dan mengisi lampiran data yang diperlukan.

Pada data entry officer (DEO), terdapat tiga kategori media, antara lain foreign media, national media, dan official media.

"Official media ini adalah media yang dibawa oleh delegasi ke Indonesia untuk peliputan IAF atau pun HLF," kata Kansong.

Setelah memasukkan data dan menyelesaikan proses registrasi, jurnalis yang mendaftarkan diri tersebut akan memperoleh konfirmasi pendaftaran melalui email.

"Jadi, prosedurnya seperti biasa. Dan kalau ada masalah dalam registrasi bisa menghubungi nomor WA," demikian kata Usman.

Baca juga: Kominfo fasilitasi komunikasi publik pada dua ajang internasional

Pewarta: Katriana
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024