Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Beeleonie, BMedSc, Sp.OG - KFER menyebutkan ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari penggunaan produk perawatan kulit dengan sejumlah bahan berbahaya.

"Hindari zat-zat berbahaya yang bisa berbahaya bagi calon bayi atau yang bisa mengganggu hormonal tubuh seperti retinol, paraben, SLS atau aluminium hidroksida," kata dr Beeleonie yang memiliki kekhususan dalam bidang gangguan hormon dan fertilitas tersebut dalam siaran pers pada Kamis.

Selama masa kehamilan dan menyusui, dokter pencipta jenama produk perawatan kulit Dr.BeeMed tersebut menjelaskan ada beberapa masalah kesehatan kulit yang kerap muncul seperti kulit menjadi lebih sensitif, pori pori tersumbat, jerawat sampai hiperpigmentasi atau noda hitam yang disebabkan oleh meningkatnya produksi melanin.

Baca juga: Retinol hingga BHA, kandungan serum yang perlu dihindari bumil

Retinol sejatinya adalah salah satu bentuk dari retinoid (vitamin A) untuk perawatan dan kecantikan kulit. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin A dosis tinggi selama kehamilan dapat berbahaya bagi anak yang belum lahir.

Sementara paraben, adalah bahan kimia buatan manusia yang mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Biasanya digunakan untuk mengawetkan kosmetik. Penelitian awal menunjukkan paraben dapat memengaruhi fungsi hormon.

Sodium lauryl sulfate atau SLS adalah senyawa yang berfungsi sebagai foaming agent sebagai pembersih pada produk-produk tertentu.

Baca juga: Perlu sistem "sandwich" pakai retinol saat kulit sangat kering

Dilansir situs Cancer Council WA, SLS bersifat mudah menyebabkan iritasi. Bahkan, kadar SLS yang berlebihan bisa menyebabkan iritasi bukan hanya pada kulit, melainkan juga pada metabolisme tubuh.

Beberapa bahan aktif yang efektif untuk masalah kulit tersebut sayangnya tidak aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, sehingga mereka harus sangat berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit.

Baca juga: Hal yang perlu diketahui soal metode perawatan kulit Sandwich Retinol

Dr Bee, demikian sapaan akrabnya mengatakan produk-produk Dr.BeeMed bisa menjadi pilihan untuk perawatan kulit bagi ibu hamil dan menyusui karena sudah teruji melalui dermatologically rested, tidak menggunakan tambahan pewangi dengan menggunakan essential oil alami, aman untuk kulit sensitif, hypoallergenic dan sudah lolos BPOM.

Setidaknya ada tiga produk unggulan untuk perawatan wajah dan tubuh yang bisa jadi pilihan; Bee Gentle Facial Cleanser, Bee Gentle Balancing Moisturizer dan Bee Gentle Moisturizing Body Lotion.

Baca juga: Ekstrak Edelweiss jadi alternatif pengganti retinol

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024