Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma menyatajan bahwa penyelenggaraan Bulan Kebangsaan selama Agustus 2024 menjadi momentum untuk mengenang pengorbanan para pahlawan.
 
Selama Agustus ini, jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menyelenggarakan Bulan Kebangsaan dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih setiap hari.
 
"Kegiatan ini bukan hanya untuk mengenang kemerdekaan yang diproklamasikan di kota ini, tetapi juga untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan kesadaran akan pengorbanan para pahlawan kita," kata Dhany di Jakarta, Kamis.
 
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro mengatakan, selama satu bulan penuh diadakan upacara pengibaran Bendera di Bundaran Hotel Indonesia (HI).
 
Upacara ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dan komunitas yang mewakili bangsa Indonesia. "Setiap hari, delapan petugas mengibarkan bendera, sementara 17 orang membawa bendera mengitari Bundaran HI dengan 45 pasukan upacara," kata Susatyo.

Baca juga: BPIP: Bendera pusaka akan dikirab dari Jakarta ke IKN
Baca juga: Warga antusias saksikan kirab bendera Merah Putih di Monas
 
Susatyo juga mengimbau warga dan pejalan kaki di kawasan Bundaran HI untuk menghormati bendera selama prosesi berlangsung karena kegiatan ini merupakan upaya untuk mengingatkan masyarakat bahwa kemerdekaan bukanlah hasil dari perjuangan yang mudah, tetapi penuh dengan pengorbanan.
 
Dengan adanya kegiatan Bulan Kebangsaan ini, Susatyo berharap semangat cinta tanah air dan kebanggaan terhadap Indonesia semakin tumbuh di hati setiap warga negara.
 
"Kami berharap lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan dengan penuh kebanggaan," ujar Susatyo.
 
Susatyo menyebutkan, upacara pengibaran bendera Merah Putih sebagai bagian dari peringatan Bulan Kebangsaan dilakukan Kamis. Upacara dipimpin oleh komandan upacara Kapten Arhanud Suprapto.
 
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024