Biak (ANTARA) - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani mengatakan Festival Biak Pintar (FBP) merupakan ajang untuk mengangkat keberhasilan prestasi siswa dan guru dalam melaksanakan Merdeka Belajar di satuan pendidikan.

"Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada Pemkab Biak dan Dinas Pendidikan karena menyediakan ruang berkreasi siswa pada FBP 1-4 Agustus 2024," kata Nunuk pada pembukaan Festival Biak Pintar 2024, di Biak, Kamis.

Dengan FBP, ia berharap para siswa di semua satuan pendidikan dapat meningkatkan kemampuan diri untuk terus berprestasi.

Nunuk menyampaikan pesan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim agar siswa dan guru di Kabupaten Biak Numfor terus mengimplementasikan pembelajaran Merdeka Belajar di semua satuan pendidikan.

Baca juga: Disdik Biak sediakan aplikasi "Sagu Papeda" cegah kekerasan anak

"Selamat atas penyelenggaraan Festival Biak Pintar 2024. Semoga dengan kegiatan ini senantiasa memberikan kesempatan bagi siswa dan guru mewujudkan nilai-nilai Merdeka Belajar dalam satuan pendidikan," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Sekda Biak ZL Mailoa mengharapkan pelaksanaan FBP dapat meningkatkan berbagai capaian prestasi belajar anak dalam penerapan kurikulum Merdeka Belajar di satuan pendidikan.

"Melalui ajang FBP dapat membangun kreativitas siswa dalam pembelajaran kurikulum Merdeka Belajar," ujar Mailoa mewakili Penjabat Bupati Biak Sofia Bonsapia.

Baca juga: Pemkab Biak: Festival BMW 2024 agar angkat ekonomi OAP

Mailoa menyampaikan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan dan organisasi perangkat daerah yang turut mendukung kesuksesan pelaksanaan FBP 2024.

Ia berharap hasil FBP 2024 menjadi capaian prestasi pendidikan dalam menjalankan pelaksanaan Merdeka Belajar di satuan pendidikan Kabupaten Biak Numfor.

Pada kesempatan yang sama dilakukan peluncuran layanan aplikasi "Sagu Papeda" untuk mencegah kekerasan anak dan kerja sama pembinaan calon taruna TNI antara Disdik dengan Kodim 1708.

Berbagai kegiatan FBP 2024 di antaranya debat pelajar dan mahasiswa serta lomba menari, pidato bahasa daerah Biak, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Baca juga: Disdik Biak alokasikan dana Otsus Rp4,5 miliar bagi beasiswa Dikdasmen

Sedangkan kegiatan lain berupa lomba pembuatan cerita pendek, aksi inovasi pembelajaran siswa, pameran inovasi pendidikan, hiburan musik, fun bike, parade Yospan dan Wor, pameran UMKM, pembersihan lingkungan, kompetisi voli bagi guru, dan kompetisi basket bagi siswa.​​​​​​

Pewarta: Muhsidin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024