Surabaya, Jawa Timur (ANTARA) - MORA Group menjalin kerja sama dengan Select Hotels Group Jepang serta Qin Group Banjarbaru sekaligus meresmikan MORA Group sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri perhotelan di Indonesia.

"Kami telah menandatangani kerja sama strategis dengan mitra-mitra, seperti Select Hotels Group dari Jepang serta Qin Group dari Banjarbaru dengan dua unit hotel pada kategori bintang tiga dan bintang empat," kata CEO dan Founder MORA Group Andhy Irawan dalam konferensi pers peresmian MORA Group di Morazen Hotel Surabaya, Jawa Timur, Rabu (31/7)

Salah satu mitra MORA Group, yakni Qin Group merupakan perusahaan di bidang perhotelan untuk kategori bintang tiga dan empat yang mengusung konsep hotel ramah muslim atau syariah di kawasan Banjarbaru, Kalimantan Selatan dan sekitarnya.

Baca juga: Wahana bermain dan hotel jadi pilihan liburan di Makassar

Melalui kemitraan bersama MORA Group, Qin Group akan mengembangkan hotel kategori bintang lima dengan konsep muslim friendly di kawasan Kalimantan Selatan, Samarinda (Kalimantan Timur), dan Solo (Jawa Tengah).

"Kemitraan ini membuka peluang baru untuk menyajikan layanan perhotelan yang ramah bagi wisatawan muslim di Indonesia," kata CEO dan Founder Qin Group Norhin.

Dia menambahkan, "Kami juga sudah mulai menjajaki beberapa wilayah di Maroko dan Madinah atas perencanaan eskpansi bisnis dari Qin Group".

Baca juga: Perhotelan di Nusa Dua Bali jalani transisi energi 

Mitra MORA Group lainnya, yakni Select Hotels Group dari Jepang merupakan perusahaan perhotelan yang telah berdiri sejak tahun 2005. Kini, Select Hotels Group telah memiliki 50 unit hotel di Jepang dari kategori bisnis hingga luxury.

Bersama MORA Group, Select Hotels Group akan membuka lini bisnis perhotelan bernuansa Jepang klasik kategori bintang empat bernama "Kanraku" di Indonesia, dengan target 50 hotel dalam beberapa tahun ke depan.

"Kami melihat potensi besar di Indonesia dan dengan kemitraan ini, kami berharap dapat membawa nilai-nilai keunggulan layanan Jepang ke pasar di Indonesia yang dinamis ini," kata CEO dan Founder Select Hotels Japan Hiroshi Nakamura.

Baca juga: Investor RI sasar Canggu Bali investasi sektor perhotelan

"Adapun unit hotel yang sedang kami proyeksikan bernama Kanraku, yakni hotel dengan konsep yang akan memberikan tamu-tamu di Indonesia sebuah pengalaman menginap seperti sedang berada di Jepang," sambungnya.

Dengan adanya kerja sama bersama Select Hotels Group Jepang dan Qin Group, MORA Group bertujuan untuk meningkatkan standar pelayanan dan memperkenalkan pengalaman perhotelan inovatif yang dapat memenuhi berbagai preferensi budaya.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai destinasi wisata global yang unggul, baik bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Baca juga: Kemnaker gelar "business matching" dengan industri perhotelan Jepang

Sementara itu, nama MORA diilhami dari empat pilar utama dari singkatan Meaningful, Optimism, Responsible, dan Adaptive. Dari nama tersebut, MORA Group berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang bermakna; menciptakan optimisme di kalangan mitra bisnis, tamu dan seluruh karyawan; bertanggung jawab terhadap lingkungan dan komunitas; serta beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan di industri perhotelan.

Kini, MORA Group telah mendirikan hotel berkonsep premium up-scale dengan nama Morazen dan telah beroperasi di Surabaya dan Yogyakarta. Selain itu, MORA Group juga mendirikan hotel berkonsep exclusive mid-scale dengan nama Hemora dan economic plus dengan nama Lamora.

"Melalui kolaborasi ini, MORA Group siap mengubah sektor pariwisata Indonesia dengan memperkenalkan praktik perhotelan canggih dan layanan inklusif yang mampu menarik minat turis dari seluruh dunia," tutup Andhy. 

Baca juga: Kemenparekraf luncurkan Eco Deals untuk kembangkan industri perhotelan
 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024