Jakarta (ANTARA) - Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya Indonesian Heritage Agency (IHA) menetapkan tiket masuk Museum Batik Indonesia dan Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti kini Rp0 atau gratis.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala IHA Ahmad Mahendra melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, mengemukakan, pihaknya juga melakukan penyesuaian tarif di beberapa museum dan cagar budaya yang berada di naungan IHA mulai Kamis

Adapun museum dan cagar budaya khususnya di Jakarta yang terkena penyesuaian tarif, yakni Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan Museum Basoeki Abdullah.

Tarif masuk museum dan cagar budaya tersebut Rp3.000 (untuk anak), Rp5.000 (dewasa) dan Rp25 ribu (warga negara asing anak dan dewasa).

Sementara itu, tarif masuk Galeri Nasional Indonesia mulai 1 September 2024 Rp10.000 (anak), Rp20.000 (dewasa) dan Rp50.000 (warga negara asing baik anak maupun dewasa).

Baca juga: DKI atur tata pamer museum untuk hilangkan kesan kuno 
Baca juga: DKI bekerjasama dengan pelestari budaya untuk kembangkan museum

Penyesuaian tarif ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa fasilitas dan layanan yang kami sediakan dapat terus ditingkatkan. "Kami ingin museum dan cagar budaya yang kami kelola tetap relevan, menarik dan edukatif bagi semua pengunjung," kata dia.

Ahmad mengatakan, penyesuaian tarif tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2024 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya.

"Perubahan ini diperlukan agar museum dan cagar budaya kita dapat terus berkembang dan memberikan manfaat edukatif serta rekreatif kepada masyarakat," kata dia.

IHA memiliki fokus pada pengelolaan pemanfaatan untuk mendukung pelestarian museum dan cagar budaya yang berkelanjutan. Karena itu, badan ini secara konsisten melaksanakan berbagai upaya transformasi terintegrasi dalam rangka peningkatan dan standardisasi pelayanan publik.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024