kami tengah menyiapkan infrastruktur pendukung SPKLU yang akan tersebar di IKN dan wilayah penyangga ibu kota
Penajam Paser Utara (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UID Kaltimra) menopang operasional kendaraan listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Untuk mendukung penerapan kendaraan ramah lingkungan di IKN, kami tengah menyiapkan infrastruktur pendukung SPKLU yang akan tersebar di IKN dan wilayah penyangga ibu kota," kata General Manager PLN UID Kaltimra Agung Murdifi di Gardu Hubung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis.

Sebagai tahap awal layanan, kata Agung, pihaknya telah merampungkan pemasangan SPKLU di enam titik lokasi yang sudah tersedia di IKN.

Lokasi SPKLU yang telah terpasang di IKN berlokasi di Kantor Pelayanan PLN Manggar (exit tol), Gardu Hubung Sementara, lingkungan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), PLN UP3 Nusantara, RSUD Sepaku, dan Desa Bukit Raya.

Jumlah tersebut akan ditambah seiring dengan meningkatnya permintaan pengguna kendaraan listrik, baik di IKN maupun di kawasan penyangga IKN, yakni Kota Balikpapan, Samarinda, dan Penajam Paser Utara, kata Agung menambahkan.

Kebutuhan energi listrik di kawasan IKN, kata Agung, saat ini dipasok melalui fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Pemaluan, Penajam Paser Utara, berkapasitas 50 MW.

Hingga saat ini, proyek pengembangan energi hijau itu telah merampungkan produksi listrik berkapasitas 10 MW ke kawasan IKN, sedangkan sisanya diproyeksikan selesai pada akhir 2024.

PLTS IKN, saat ini ditopang total 21.600 panel surya yang menghasilkan 10 MW, sedangkan untuk kebutuhan hingga 50 MW, akan ditambah sebanyak 114.420 panel surya tambahan.

Baca juga: PLN topang kelistrikan IKN dengan interkoneksi Kalimantan 2.097 MW
Baca juga: PLN cegah listrik berkedip saat HUT RI dengan empat lapis pengaman
Baca juga: Ditjen Perhubungan Darat ramp cek 36 bus disiapkan HUT RI di IKN

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024