Semua sudah disiapkan, misalnya listrik, air, tambahan toilet semua sesuai dengan peserta upacara yang sudah dirancang oleh Kemensetneg.
Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Otorita IKN/Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Istana Negara, Istana Garuda, hingga Gedung Kemenko di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, siap difungsikan untuk Upacara 17 Agustus 2024.

Dikatakan oleh Basuki bahwa area Istana Negara, lapangan upacara, hingga podium sudah dapat digunakan untuk Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di IKN.

"Sekarang sudah mulai dipersiapkan tenda-tenda podium untuk upacara. Semua menurut kami untuk prasarananya di Istana Negara sudah siap," kata Basuki dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis.

Basuki menjelaskan bahwa saat ini Istana Negara yang letaknya berada di depan Istana Garuda akan dilengkapi dengan furnitur seperti meja, kursi, lukisan, dan lampu-lampu yang ditangani oleh Kementerian Sekretariat Negara.

Saat ini tahap pengisian dan pemasangan furnitur ke dalam Istana Negara masih berlangsung dan diharapkan selesai sebelum 17 Agustus mendatang.

Baca juga: OIKN: Proyek IKN bukan semata hanya untuk kejar target 17 Agustus
Baca juga: Jokowi beri nama Istana Presiden di IKN sebagai Istana Garuda


Sementara itu, progres finishing di Istana Garuda juga sudah mencapai 99 persen, dan saat ini dalam pemasangan loose furniture yang seluruhnya sudah berada di IKN.

Khusus untuk upacara, ada tujuh tower yang akan berfungsi sebagai tempat ASN di sekitar lapangan upacara yang berada di area Sumbu Kebangsaan.

"Semua sudah disiapkan, misalnya listrik, air, tambahan toilet semua sesuai dengan peserta upacara yang sudah dirancang oleh Kemensetneg. Semua difungsikan sebagai tempat ASN," kata Basuki.

Basuki menambahkan bahwa Plaza Seremoni yang juga berada di area Sumbu Kebangsaan akan difungsikan untuk pusat keramaian masyarakat yang dapat menampung 4.000 orang undangan dan panitia pendukung.

Forest trail yang ada di Plaza Seremoni hingga galeri UMKM juga akan disiapkan untuk kemeriahan pada tanggal 17 Agustus mendatang.

"Di Plaza Seremoni akan ada keramaian. Presiden minta ada kesenian-kesenian juga di situ untuk bisa memeriahkan 17 Agustus ini, akan ditempatkan di Plaza Seremoni dengan daya tampung 4.000 orang," katanya.

Selain itu, Taman Kusuma Bangsa yang berada di kawasan Beranda Nusantara akan dilangsungkan renungan suci untuk pertama kalinya di IKN pada tanggal 16 Agustus 2024 malam hari.

Baca juga: Presiden: Progres infrastruktur Istana Kepresidenan IKN berjalan baik

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024