Jakarta (ANTARA) - Obat penurun berat badan dan diabetes yang mengandung semaglutide dapat membantu perokok berhenti merokok, menurut sebuah studi terbaru.

Dikutip dari Medical Daily, Kamis (1/8), peneliti menemukan hal menarik ini setelah memeriksa catatan medis lebih dari 200 ribu pengguna baru obat antidiabetes, termasuk sekitar 6 ribu orang yang memulai penggunaan obat semaglutide seperti Ozempic dan Wegovy.

Selain obat semaglutide, obat antidiabetes lain yang diteliti termasuk insulin, metformin, inhibitor dipeptidyl-peptidase-4, inhibitor sodium-glucose cotransporter-2, sulfonylureas, thiazolidinediones, dan GLP-1RAs lainnya.

Baca juga: Orang yang susah berhenti merokok bisa manfaatkan layanan konsultasi

Selama studi, peneliti menyelidiki apakah individu dengan gangguan penggunaan tembakau yang menggunakan salah satu obat antidiabetes ini mendapatkan resep untuk penghentian merokok atau dirujuk untuk konseling selama kunjungan medis mereka.

Setelah tindak lanjut selama satu tahun, peneliti mencatat penurunan baik dalam jumlah resep obat maupun rujukan konseling pada mereka yang menggunakan obat semaglutide.

Hasil yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa efek penghentian merokok paling kuat dalam 30 hari pertama setelah memulai semaglutide. Namun, efek ini terus berlanjut selama sekitar 180 hari sebelum stabil.

Baca juga: Dokter: Komunikasi persuasif tembakau alternatif turunkan prevalensi merokok

"Semaglutide dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk tindakan kesehatan terkait gangguan penggunaan tembakau pada pasien dengan diabetes tipe 2 komorbid dan gangguan penggunaan tembakau dibandingkan dengan obat antidiabetes lainnya, termasuk GLP-1RAs lainnya, terutama dalam 30 hari pertama resep," tulis para peneliti dalam studi tersebut.

Meskipun studi ini bersifat observasional dan tidak melacak faktor seperti penggunaan tembakau aktual, keinginan, atau penghentian merokok, para peneliti menganggap temuan mereka signifikan. Mereka menunjukkan bahwa merokok tetap menjadi penyebab utama penyakit dan kematian yang dapat dicegah, dan setiap kemajuan menuju pencegahan yang efektif merupakan langkah maju yang penuh harapan.

Namun, para peneliti memperingatkan bahwa temuan mereka terlalu awal untuk menyarankan penggunaan obat semaglutide untuk penghentian merokok, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperkirakan efek semaglutide dalam pengobatan gangguan penggunaan tembakau.

Baca juga: Dokter: Motivasi dan tujuan dasar terpenting untuk berhenti merokok

Studi ini belum mengevaluasi mekanisme pasti bagaimana semaglutide membantu mengurangi merokok. Namun, studi sebelumnya menunjukkan bahwa ini berhubungan dengan efek obat pada sistem penghargaan di otak.

Studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Nature Communications telah menemukan hubungan antara penggunaan obat semaglutide dan pengurangan gangguan penggunaan alkohol. Studi tersebut menunjukkan penurunan risiko sekitar 50-56 persen untuk insiden dan kekambuhan gangguan penggunaan alkohol pada pengguna semaglutide selama tindak lanjut 12 bulan.

Baca juga: Dokter: Kesulitan berhenti merokok dipengaruhi dari dalam diri

Baca juga: Tembakau alternatif bukan untuk generasi muda

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024