Jakarta (ANTARA) - Polisi menduga ledakan kuat di ​​​​Perumahan Taman Kencana Jalan Kaliandra Blok C7, RT.007 RW.012 Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat bersumber dari elpiji 12 kilogram (kg) sehingga merusak puluhan rumah di kawasan itu, Kamis pagi.

"Iya, untuk sumber ledakan dari hasil identifikasi dan cek TKP dari tim Gegana ya, diduga kuat dari bocornya gas tabung elpiji 12 kilogram. Tim Puslabfor masih bekerja untuk mencari penyebab utama," kata Kapolsek Cengkareng Kompol Hasoloan Situmorang saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Meskipun tak ada korban jiwa, katanya, terdapat tiga orang korban luka akibat kejadian tersebut dan ketiganya sudah dilarikan ke rumah sakit.

"Untuk korban jiwa nihil, untuk korban luka ada tiga orang yang seluruhnya sudah dievakuasi dan dalam penanganan tenaga medis di rumah sakit. Masih (dirawat), dievakusi ke rumah sakit Cengkareng dan rumah sakit PIK Penjaringan," kata Hasoloan.

Baca juga: Polsek Cengkareng libatkan Puslabfor Polri untuk selidiki ledakan gas

Awalnya kata Hasoloan, saksi di lapangan menyatakan mendengar ada suara ledakan hingga kemudian saksi mendatangi tempat kejadian peristiwa (TKP) dan membantu mengevakuasi pemilik keluar dari rumahnya. 

"Kronologisnya, bahwa saksi mendengar ada suara ledakan kemudian saksi mendatangi TKP kemudian membantu mengevakuasi pemilik rumah untuk keluar," ucap Hasoloan.

Kemudian, lanjut Hasoloan, pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dan lembaga lain datang ke lokasi.

"Kita pada saat cek dan olah TKP melibatkan beberapa unit kerja Polri di antaranya tim unit identifikasi Polres metro Jakarta Barat, kemudian tim dari Detasemen Gegana, kemudian tim dari Puslabfor Mabes pPolri dan ada juga dari Damkar, BPBD, Dishub kemudian rumah sakit puskesmas, PLN dan ada perangkat RT/RW," kata Hasoloan.

Baca juga: Tiga warga Jakpus alami luka bakar akibat ledakan tabung gas

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024