Untuk sumber biaya uji coba makan bergizi gratis kita ambil dari dana makan dan minum BOS daerah dengan harga Rp17.500 per orang
Tangerang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengungkapkan sumber biaya uji coba makan bergizi gratis presiden terpilih periode 2024 - 2029 berasal dari dana makan dan minum Biaya operasional sekolah (BOS) daerah.

"Untuk sumber biaya uji coba makan bergizi gratis kita ambil dari dana makan dan minum BOS daerah dengan harga Rp17.500 per orang," kata Nurdin usai uji coba makan bergizi gratis di SDN Sukasari 4, Tangerang, Kamis.

Ia mengatakan biaya sebesar Rp17.500 tersebut sudah termasuk susu yang diberikan kepada siswa. Adapun paket menu makan yang diperoleh siswa adalah nasi, sayur, daging cincang, dan pepaya.

Pelaksanaan makan bergizi gratis dilakukan saat jam istirahat pukul 12.00 WIB. Sebelumnya pada siswa diberikan susu dengan kadar gula rendah.

Baca juga: Gibran mencoba berbagai skema pastikan makan bergizi gratis sukses

Nurdin mengatakan uji coba pada hari ini akan jadi evaluasi untuk pelaksanaan pada tanggal 5-9 Agustus mendatang. Harapannya kekurangan yang ada dapat dimaksimalkan.

Ia juga bersama Tim Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) melakukan pemeriksaan langsung ke penyedia makanan untuk memastikan menu yang diberikan sesuai dengan standar gizi nasional.

"Menurut kami sudah sangat luar biasa menu makanan yang diberikan dari sisi rasa, variasi menunya. Kami pastikan semua sesuai standar yang diberikan," ujarnya.

Baca juga: Gibran puji uji coba pemberian makan siang gratis di Surabaya

Ketua Tim Wantannas Taviota Bay menambahkan uji coba hari ini adalah upaya mitigasi sebelum pelaksanaan dilakukan, sehingga masalah yang timbul bisa segera diatasi.

"Kami sudah diskusi dengan tim dari Pemkot Tangerang untuk standar makan bergizi gratis ini memang sekitar Rp17.500 bagi siswa SD dengan ukuran susu 125 ml dan Rp20 ribu untuk SMP dengan susu 200 ml. Ini yang akan kita kaji di tim pusat," katanya.

Perlu diketahui Pemkot Tangerang pada hari ini melaksanakan uji coba makan bergizi gratis presiden terpilih periode 2024 - 2029 di lima sekolah dan melibatkan sebanyak 3.125 siswa. Lima sekolah yang dijadikan tempat uji coba yakni SD Negeri Sukasari 4, SD Negeri Sukasari 5, SMP Negeri 4 Tangerang, serta SD dan SMP As-Syukriah.

Baca juga: Airlangga: Program makan bergizi gratis belum diputus dilengkapi susu

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024