Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi SPMT dalam melakukan inisiasi program akselerasi pendidikan gen Z
Jakarta (ANTARA) - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero), meraih penghargaan Indonesia DEI & ESG (IDEAS) Awards 2024 kategori ESG (Environmental, Social, and Governance) bidang sosial atas inisiasinya membina hubungan dengan masyarakat atau komunitas.

"Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi SPMT dalam melakukan inisiasi program akselerasi pendidikan gen Z dengan menyelenggarakan program Pelindo Youth Community (PYC) 2024," kata VP Komunikasi Korporasi & Protokoler SPMT Farid Chairmawan dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Penyerahan penghargaan IDEAS 2024, yang diselenggarakan PR Indonesia di Malang, Jatim, Jumat (26/7/2024), diberikan kepada SPMT karena dinilai sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk menerapkan praktik terbaik dalam mengomunikasikan diversity, equity, inclusion (DEI) dan ESG.

Penghargaan tersebut diterima Branch Manager SPMT Jamrud Nilam Mirah Muh Junaedhy, yang hadir sebagai perwakilan manajemen SPMT.

SPMT berhasil meraih predikat Bronze Winner kategori ESG dengan subkategori sosial-hubungan dengan masyarakat atau komunitas.

Farid menerangkan Pelindo Youth Community (PYC) terbentuk sebagai salah satu wujud komitmen SPMT dalam mendorong generasi muda untuk lebih produktif dan peduli dengan lingkungan di sekitarnya melalui aksi nyata yang dimulai dari hal kecil dan memiliki pengaruh lebih besar di masa mendatang.

Dalam upaya memajukan wilayah sekitarnya, lanjutnya, SPMT merangkul seluruh pemangku kepentingan, salah satunya membina hubungan dengan komunitas generasi muda.

Program PYC merupakan inisiasi SPMT untuk turut mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya untuk pilar Pembangunan Sosial.

"Program ini mengenalkan generasi muda akan pentingnya peran pelabuhan serta menanamkan kepedulian terhadap lingkungan sosial melalui pendekatan yang disukai oleh gen Z," ujarnya.

Farid menambahkan penghargaan itu sebagai apresiasi bagi SPMT yang semakin memotivasi perusahaan untuk terus konsisten dalam mewujudkan pencapaian SDGs melalui berbagai inisiatif yang sejalan dengan penerapan ESG di seluruh lini bisnis dan operasi SPMT.

IDEAS 2024 merupakan ajang kompetisi untuk mengukur program dan praktik terbaik dalam penerapan komunikasi DEI dan ESG.

Dewan juri dalam kompetisi itu adalah Asmono Wikan (pendiri dan CEO PR Indonesia), Emilia Bassar (CEO Center for Public Relations, Outreach and Communication/CPROCOM), Dyah Indrapati (ahli dalam praktik DEI), Herry Ginanjar (ahli dalam praktik ESG dan pendiri etKomunika), serta Janette Maria Pinariya (Wakil Rektor I LSPR Institute).

Penilaian IDEAS difokuskan pada beberapa aspek di antaranya strategi dan program komunikasi yang sistematis, terukur, dan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan kebijakan/inisiatif DEI dan/atau ESG.

Selanjutnya, kejelasan tujuan (SMART objectives) dan pemangku kepentingan yang dituju, strategi media dan taktik komunikasi yang digunakan, pengukuran dan evaluasi, serta dampak program komunikasi bagi pemangku kepentingan.

Baca juga: Pelindo: Autogate pass di Tanjung Perak memperlancar arus operasional
Baca juga: Pelindo siap kerjakan penugasan pemerintah bangun pelabuhan di KITB
Baca juga: Pelindo dukung inovasi pembakar sampah untuk pondok pesantren


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024