Penajam Paser Utara (ANTARA) - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ade Irfan Pulungan mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memenuhi janjinya untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum HUT Ke-79 RI.

Irfan Pulungan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan hal tersebut sekaligus menepis keraguan publik dan membuktikan komitmen bahwa target pencapaian pembangunan IKN tahap I sudah sesuai dengan rencana yang dicanangkan.

“Presiden Jokowi berkantor di IKN dimulai hari Senin tanggal 29 Juli 2024, maka selanjutnya proses perpindahan ASN ke IKN juga akan sesuai dengan target yang diharapkan,” katanya.

Selain itu, kehadiran Presiden Jokowi di IKN sekaligus mengawasi langsung penyelesaian pembangunan IKN.

"Sehingga semuanya agar berpacu untuk memenuhi target yang sudah dicanangkan. Apalagi selama ini Presiden Jokowi cukup cermat dan terperinci dalam mengawasi pembangunan proyek infrastruktur yang menjadi Program Strategis Nasional di seluruh Indonesia. Terbukti sejumlah proyek besar bisa selesai tepat pada waktunya," ujarnya.

Dikatakan Irfan, Presiden Jokowi juga sudah beberapa kali datang ke IKN dengan mengajak para menteri kabinet untuk berkemah di IKN dalam rangka mengawal progres pembangunan IKN dan memberikan semangat kepada semua pihak untuk bekerja keras demi bangsa dan negara.

Kehadiran Presiden Jokowi di IKN, kata Irfan, akan meningkatkan kepercayaan para investor yang sudah menunjukkan minatnya untuk berinvestasi di IKN, sehingga mereka mendapatkan jaminan progres pembangunan IKN bisa berjalan sesuai rencana.

"Sedangkan bagi calon investor akan semakin berlomba-lomba untuk segera masuk ke IKN," katanya.

Dalam kunjungan Presiden ke IKN, kata Irfan, juga turut ditinjau sejumlah fasilitas yang sudah selesai dilakukan, seperti pembangunan hotel berbintang sebagai sektor penunjang di area IKN.

Mantan Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi - Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 itu menyampaikan bahwa saat ini sejumlah kementerian sudah mengatur jadwal perpindahan ASN ke IKN.

"Saya yakin pemerintahan baru yang nanti akan dipimpin Prabowo Subianto mendukung percepatan pembangunan IKN," katanya.

Irfan menambahkan Prabowo sebagai presiden terpilih dan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden terpilih memiliki komitmen kuat untuk pembangunan yang berkelanjutan.

"Sehingga IKN yang sudah dirintis oleh Presiden Jokowi akan memiliki posisi strategis dalam pembangunan Indonesia ke depan yang modern di masa mendatang,” katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024