Saya berpesan jaga nama baik lembaga, bagaimanapun tujuan utama membantu masyarakat, tetapi juga bisa belajar dari sana
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak 10 orang mahasiswa Universitas Jember (Unej) mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) kolaborasi internasional di Timor Leste selama tiga pekan yang telah ditetapkan pada 4-24 Agustus 2024.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unej Slamin secara resmi melepas sebanyak 10 orang mahasiswa kampus setempat yang akan melaksanakan KKN di Distrik Aileu Negara Timor Leste dengan pelepasan dilaksanakan di aula lantai 2 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unej, Rabu.

"KKN kolaborasi internasional itu merupakan program unggulan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa, sehingga mereka dapat berinteraksi secara langsung baik sisi budaya ataupun bahasa," katanya di kampus setempat.

Menurutnya Timor Leste merupakan negara tetangga dari Indonesia, sehingga pihaknya juga berpesan kepada mahasiswanya agar dapat menjaga almamater dan negaranya.


Baca juga: Xanana ajak mahasiswa Timor Leste beri penghormatan kepada BJ Habibie

"Saya berpesan jaga nama baik lembaga, bagaimanapun tujuan utama membantu masyarakat, tetapi juga bisa belajar dari sana, jangan menganggap kita paling baik, mereka pasti punya kultur yang justru dapat menambah ilmu pengetahuan mahasiswa," tuturnya.

Slamin berharap dengan program KKN kolaborasi internasional itu mampu memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa, serta membangun nilai-nilai positif kepada masyarakat di Timor Leste.

Sementara itu Kepala LP2M Unej Yuli Witono mengatakan KKN Kolaborasi Internasional diikuti oleh perguruan tinggi yang berkomitmen melakukan kolaborasi dalam KKN yang meliputi Unej, UPN Veteran Jakarta , UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Islam Jember, Universitas Dr Soebandi Jember, STIA Pembangunan Jember, Universitas Nusa Cendana Kupang, dan Universitas Dili Timor Leste.

"Total pendaftar program KKN kolaborasi internasional sebanyak 52 mahasiswa, kemudian dilakukan seleksi pada tanggal 2 Juli 2024 hingga terjaring 10 mahasiswa saja," katanya.

Ia menjelaskan mahasiswa KKN Kolaborasi Internasional Unej bersama perguruan tinggi lainnya akan diberangkatkan dari Kupang menuju Timor Leste pada tanggal 4 Agustus 2024 dan mendapatkan pembekalan lebih dulu sebelum terjun ke lapangan melaksanakan program KKN.

Baca juga: UTA 45 Jakarta sambut 16 mahasiswa Timor Leste
Baca juga: Rektor UI ajak mahasiswa Timor Leste adakan penelitian bersama

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024